Pola Komunikasi dalam pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini: studi pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Desa Banter Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sariroh, Syifa'us (2020) Pola Komunikasi dalam pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini: studi pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Desa Banter Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Syifa'us Sariroh_B06216040.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan pola komunikasi pada anak usia dini di PAUD Kelompok Bermain Muslimat NU 135 Mambaul Huda. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif dengan subyek pendidikan anak usia dini (PAUD) yang berada di Desa Banter Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik, serta dengan objek pola komunikasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini. Tahapan pengolahan data yang dilakukan meliputi : 1) Reduksi data, menyisihkan data yang tidak relevan dan menarik kesimpulan; 2) Display data, menyajikan dan mendeskripsikan data dalam bentuk naratif; 3) pengambilan kesimpulan diperoleh dari proses pengambilan data yang menggunakan teknik observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola komunikasi pada anak usia dini adalah sebagai berikut : 1) Aspek perkembangan anak terdiri komunikasi verbal dan nonverbal-motorik, kognitif, kemampuan berbahasa, pembentukan karakter sejak dini, serta sosial-emosional; 2) cara yang digunakan guru saat mengajar dilingkungan sekolah dengan memberi reward, memberi punishment, menggunakan media dalam pembelajaran untuk mendukung perkembangan motorik pada anak; 3)melakukan komunikasi secara rutin dengan walimurid dan bekerjasama untuk memantau kegiatan anak dirumah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sariroh, Syifa'usrirohsyifa@gmail.comB06216040
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNurdin, Alialinurdinlmg@gmail.com2002067101
Subjects: Dokumen - Pemalsuan
Keywords: Pola Komunikasi; Pembelajaran; Anak Usia Dini;PAUD.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Syifa'us Sariroh
Date Deposited: 15 Dec 2020 06:10
Last Modified: 15 Dec 2020 06:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/45385

Actions (login required)

View Item View Item