Diplomasi Nabi Sulaiman AS dengan ratu Bilqis: studi kajian tafsir QS. Al-Naml {27}: 29-44

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mufidah, Isfi Ardlillah (2020) Diplomasi Nabi Sulaiman AS dengan ratu Bilqis: studi kajian tafsir QS. Al-Naml {27}: 29-44. Undergraduate thesis, Uin Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Isfi Ardlillah Mufidah_E93216116.pdf

Download (2MB)

Abstract

Alquran merupakan kitab yang Allah turunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril sebagai petunjuk bagi seluruh umat di semua jaman. Dalam menyampaikan maksudNya, Allah memiliki beberapa metode dan salah satu metodenya ialah metode kisah. Dimana dalam Alquran seringkali Allah tidak menjelaskan sesuatu secara langsung, namun Dia menggunakan sebuah kisah sebagai penyampaiannya. Begitu juga dengan kata diplomasi yang dalam Alquran tidak disebutkan secara eksplisit. Namun nyatanya, Allah menerangkan dalam sebagian kisah yang Dia sebutkan dalam Alquran. Salah satunya dalam kisah Nabi Sulaiman as dengan Ratu Bilqis pada QS. Al-Naml {27}: 29-44. Pembahasan ini dilatarbelakangi oleh kenyataan yang mana diplomasi lebih banyak digunakan sebagai suatu sarana negoisasi antara pemimpin negara. Diplomasi yang pada awalnya mempunyai makna dan maksud yang baik menjadi tercemar fungsi dan tata caranya seiring berjalannya waktu. Ditambah dengan kenyataan kurangnya kepercayaan dan ketidakpuasan rakyat terhadap pemimpin membuat fungsi diplomasi semakin buruk. Karena itu penelitian ini akan membahas mengenai diplomasi menurut Alquran dalam tinjauan penafsiran para ulama dan ‘ibrah serta implementasinya pada masa sekarang dengan menjadikan QS. Al-Naml {27}: 29-44 yang mengandung kisah Nabi Sulaiman as dengan Ratu Bilqis sebagai objek penelitiannya. Penelitian ini juga menggunakan konsep diplomasi Rasulullah SAW dalam perjanjian Hudaibiyah yang diceritakan dalam QS. Al-Fath sebagai pisau analisis. Dari penelitian ini dapat diambil sebuah hasil yang menjelaskan secara detail mengenai diplomasi dalam Alquran yang digunakan Nabi Sulaiman as dengan Ratu Bilqis dan juga ‘ibrah serta implementasinya pada masa sekarang sehingga penjelasan diplomasi dalam kisah ini dapat menjadi acuan dalam penggunaannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mufidah, Isfi Ardlillahfifimufidah010@gmail.comE93216116
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyarief, Muhammad--2010105601
Subjects: Komunikasi Dalam Islam
Keywords: Diplomasi; nasi Sulaiman; Ratu Bilqis.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Isfi Ardlillah Mufidah
Date Deposited: 16 Dec 2020 07:08
Last Modified: 16 Dec 2020 07:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/45415

Actions (login required)

View Item View Item