Analisis hukum islam terhadap pembagian waris anak angkat di Desa Takerharjo Kecamatan Solokuro Kabupaten Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nuzula, M. Firdausy (2020) Analisis hukum islam terhadap pembagian waris anak angkat di Desa Takerharjo Kecamatan Solokuro Kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Firdausy Nuzula_C91216104.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan cara wawancara kepada tokoh masyarakat, tokoh agama serta dengan keluarga yang melakukan pembagian waris anak angkat. Yang kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif analisis. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pembagian waris anak angkat di Desa Takerharjo Kecamatan Solokuro Kabupaten Lamongan, merupakan bentuk upaya menjaga kesejahteraan dan kemaslahatan keluarganya, juga merupakan bentuk kasih sayang kepada anak angkat. Meskipun pembagian waris anak angkat dengan sistem sama rata tersebut tidak sesuai dengan hukum Islam. Anak angkat hanya bisa menerima wasiat wajibah dengan kadar tidak lebih dari 1/3 bagian harta peninggalan. Jika ada yang mendapat lebih dari 1/3, menurut beberapa imam mazhab harus dirundingkan dahulu dengan ahli warisnya yang sah. Namun demikian, sebagai saran diharapkan kepada tokoh masyarakat atau tokoh agama yang memiliki kemampuan dibidang hukum Islam khususnya tentang kewarisan hendaknya memberikan arahan apabila ada kasus seperti itu lagi. Dan bagi masyarakat yang tidak paham dengan sistem kewarisan diwajibkan untuk bertanya kepada siapa pun yang ahli dibidang tersebut. Supaya tidak ada kasus yang sama seperti itu lagi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nuzula, M. Firdausymuhf2710@gmail.comC91216104
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMunif, M. Faisholm.faisolmunif@gmail.com2031125805
Subjects: Hukum Islam
Anak > Pengangkatan Anak
Waris
Keywords: Waris; Warisan; Warisan anak angkat; Pembagian waris.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Firdausy Nuzula
Date Deposited: 17 Dec 2020 10:03
Last Modified: 17 Dec 2020 10:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/45423

Actions (login required)

View Item View Item