Analisis komparatif pemikiran Mazhab Shafi‘i dengan Mazhab Hanbali tentang kebolehan ayah mengambil sebagian Mahar

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ma'ruf, Mochamad Anang (2020) Analisis komparatif pemikiran Mazhab Shafi‘i dengan Mazhab Hanbali tentang kebolehan ayah mengambil sebagian Mahar. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mochamad Anang Ma'ruf_C91215141.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan penelitian kualitatif yang teknik pengumpulan datanya adalah studi dokumen atau dokumentasi, dengan memberikan gambaran-gambaran (deskriptif) dan lebih mengutamakan kualitas dari data. Data yang sudah dikumpulkan selanjutnya dianalisis dengan teknik deskriptif-komparatif. Analisis Deskriptif maksudnya adalah menggambarkan data secara rinci dan sistematis. Sedangkan komparatif maksudnya adalah membandingkan pendapat di antara kedua mazhab Shafi‘i dan mazhab Hanbali tenteng kebolehan ayah mengambil sebagian mahar. Hasil Penelitian ini disimpulkan bahwa menurut mazhab Shafi’i mengambil sebagian mahar dari calon mempelai putri hukumnya tidak boleh, karna mahar adalah hak penuh seorang calon mempelai perempuan. Sedangkan mazhab H}anbali membolehkan hal itu dengan alasan bahwa sesungguhnya harta seorang perempuan itu juga harta seorang ayah. Adapun mengenai persamaan antara kedua mazhab tersebut adalah mahar sama-sama wajib hukumnya. Sedangkan perbedaanya terletak pada penggunaan metode Istinbath hukum yaitu Shar‘u Man Qoblana yang digunakan oleh mazhab H}anbali, tetapi tidak digunakan oleh mazhab Shafi‘i. Sejalan dengan hasil penelitian tersebut maka diharapkan lebih berhati-hati dalam melakukan sesuatu, lebih-lebih pada suatu perbuatan hukum. Ayah (wali) seharusnya tidak memberikan syarat yang seyogyanya tidak memberatkan calon laki-laki karena mempermudahkan suatu pernikahan itu adalah lebih baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ma'ruf, Mochamad Anangmarufanang81@gmail.comC91215141
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMasruhan, Masruhan--2004045901
Subjects: Agama > Biografi Tokoh
Nikah
Perkawinan > Harta Perkawinan
Keywords: Komparatif Pemikiran Mazhab Shafi‘i; Kebolehan Ayah Mengambil Sebagian Mahar; Mahar.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: MOCHAMAD ANANG MA'RUF
Date Deposited: 19 Dec 2020 03:09
Last Modified: 19 Dec 2020 03:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/45427

Actions (login required)

View Item View Item