Evaluasi sistem akuntansi penjualan tunai pada batik Tresna Art Madura

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohman, Habibur (2020) Evaluasi sistem akuntansi penjualan tunai pada batik Tresna Art Madura. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Habibur Rohman _G72216035.pdf

Download (3MB)

Abstract

Subjek penelitian adalah Batik Tresna Art Madura dan objek penelitian ini adalah sistem akuntansi penjualan tunai. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, teknik observasi, dan teknik dokumentasi. Adapun metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah dengan metode kualitatif dengan metode kualitatif deskriptif yaitu dengan membandingkan antara teori yang ada dengan kenyataan sebenarnya pada Batik Tresna Art Madura. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) prosedur penjualan pada Batik Tresna Art Madura yaitu : prosedur order penjualan, prosedur penerimaan kas, prosedur penyerahan barang, prosedur pencatatan penjualan tunai dan prosedur pencatatan penerimaan kas. Hasil evaluasi prosedur penjualan tunai pada Batik Tresna Art Madura yaitu sudah cukup baik namun masi terdapat kekurangan yaitu belum adanya prosedur pnyetoran kas ke bank. Kemudian Sistem informasi akuntansi penjualan pada batik Tresna Art sudah cukup baik ditunjukkan dengan adanya: a) dokumen yang digunakan : kwitansi/nota dan bukti slip pembayaran credit card, b) catatan yang digunakan : catatan laporan penjualan dan buku kas, c) fungsi yang terkait : bagian sales, bagian administrasi/kasir, bagian operasional, bagian pengiriman, bagian pencatatan kas dan bagian produksi. Hasil evaluasi sistem akuntansi penjualan tunai pada Batik Tresna Art Madura sudah cukup baik namun masih ada kekurangan yaitu belum adanya faktur penjualan untuk merekam data penjualan dan belum adanya bukti setor kas ke Bank pada hari yang sama atau jam kerja berikutnya. Saran dari peneliti agar perusahaan dapat berjalan secara maksimal diharapkan Batik Trena Art Madura yaitu Untuk pencatatan penerimaan kas dari penjualan tunai sebaiknya menggunakan bantuan komputer, agar data yang dihasilkan lebih akurat dan lebih memudahkan perusahaan dalam menyimpan data penjualan, serta untuk memempermudah melakukan pengontrolan. Kemudian perlu dibuatnya faktur penjualan sebagai arsip untuk bukti adanya pengeluaran barang untuk merekam berbagai informasi yang diperlukan manejemen mengenai transaksi penjualan tunai. Dan Kas yang diperoleh dari transaksi penjualan tunai disetorkan ke Bank pada hari yang sama atau jam kerja berikutnya. Serta

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohman, Habiburrohmanhabibur73@gmail.comG72216035
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLathifah, Nurul--198905282018012001
Subjects: Akuntansi
Keywords: Sistem akuntansi; Jual Beli; Batik Tresna Art Madura .
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Habibur Rohman Rohman
Date Deposited: 23 Dec 2020 00:46
Last Modified: 23 Dec 2020 00:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/45453

Actions (login required)

View Item View Item