Strategi kolektivitas Zakat melalui E-Commerce : studi kasus fundrising Zakat melalui Tokopedia di Dompet Dhuafa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Styawati, Endang (2020) Strategi kolektivitas Zakat melalui E-Commerce : studi kasus fundrising Zakat melalui Tokopedia di Dompet Dhuafa. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Endang Styawati_F02416084.pdf

Download (3MB)

Abstract

E-commerce adalah terobosan dalam metode fundrising yang dipilih Dompet Dhuafa sebagai sebuah strategi. E-commerce merupakan marketplace yang memakai jaringan internet high-tech, termasuk fitur halal corner yang didalamnya disediakan fitur tokopedia salam oleh tokopedia selaku e-commerce yang menjadi wadah dompet dhuafa untuk menghimpun dana zakat. maka dapat dirumuskan, strategi fundrising zakat yang dilakukan dompet dhuafa melalui tokopedia, peran e-commerce sebagai strategi penghimpunan dana zakat, faktor pendukung dan kendala yang dihadapi Dompet Dhuafa dalam menghimpun dana zakat di tokopedia, Perbandingan penghimpunan zakat dengan dana insidental. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan yang bersifat kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang menggambarkan data dan informasi yang berlandaskan fakta-fakta yang diperoleh di lapangan mengenai penelitian ini menemukan teori kolektivitas yang merujuk pada teori Augustin serta Nick Coldry dan Andras Hepp juga Alison mendefinisikan kolektivitas. sesuai dengan hasil penelitian lapangan yaitu Dompet Dhuafa memiliki strategi yang sama dengan tokopedia salah satu strategi tersebut adalah pemakaian fitur Pushnotif dalam rangka mengingatkan muzakki untuk berzakat, memberikan dampak yang sangat signifikan bagi prosentase penghimpunan dana zakat di dompet dhuafa. dompet dhuafa juga mengalami kendala dalam mengumpulkan zakat di tokopedia salah satunya muzakki kesulitan mendapatkan struk bukti zakat. Dompet Dhuafa tidak hanya menghimpun dana zakat di tokopedia tapi juga menghimpun dana insidental, disimpulkan, perolehan penghimpunan zakat nilai rupiahnya besar namun partisipannya sedikit, berbeda dengan dana insidental yang dihimpun nominalnya kecil, namun partisipannya sangat banyak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Styawati, Endangeunsheung831@gmail.comF02416084
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFauziah, Ika Yunia----
Subjects: Zakat
Keywords: Strategi; E-commerce; Fundrising; Kolektivitas.
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Endang Styawati
Date Deposited: 23 Dec 2020 00:32
Last Modified: 23 Dec 2020 00:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/45454

Actions (login required)

View Item View Item