Analisis hukum islam terhadap pengenaan penalty pada pencairan deposito Mudharabah sebelum jatuh tempo di BNI Syariah Kantor Cabang Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kusumadewi, Pradhisti Azhari (2020) Analisis hukum islam terhadap pengenaan penalty pada pencairan deposito Mudharabah sebelum jatuh tempo di BNI Syariah Kantor Cabang Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Azhari Pradhisti Kusumadewi_ C92216089.pdf

Download (1MB)

Abstract

Data yang dikumpulkan dengan teknik wawancara dan dokumentasi yang kemudian dengan menggunakan deskriptif analisis, yaitu menguraikan terlebih dahulu mengenai deposito mud{h>arabah dan praktiknya, kemudian dianalisis pada sudut pandang hukum Islam dengan menggunakan akad mudharabah dan fatwa DSN No. 03 DSN-MUI/IV/2000 Tentang Deposito. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pada pelaksanaan pencairan deposito mudharabah di BNI Syariah Kantor Cabang Surabaya terdapat pengenaan penalty jika nasabah mencairkan sebelum jatuh tempo. Di mana Pengenaan penalty dilakukan dengan memotong dana deposito nasabah. Sehingga, nisbah tetap dibayarkan kepada nasabah akan tetapi dana deposito nasabah akan berkurang sebab terpotong penalty . Berdasarkan hasil penelitian di atas, yaitu seharusnya nasabah pada saat melakukan pencairan deposito mudharabah sesuai dengan jangka waktu, agar tidak mengalami kerugian dan seharusnya pihak BNI Syariah Kantor Cabang Surabaya menginformasikan kepada nasabah mengenai pilihan jangka waktu dan besarnya nisbah pada deposito mudharabah yang lebih menguntungkan nasabah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kusumadewi, Pradhisti Azharidhisti220598@gmail.comC92216089
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorChoiroh, Ifa Mutitulifachoiroh@gmail.com2030047902
Subjects: Hukum Islam
Hukum Ekonomi
Keywords: Penalti; Penalti deposito; Mudharabah.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: SH Azhari Pradhisti Kusumadewi
Date Deposited: 25 Dec 2020 09:54
Last Modified: 29 Dec 2020 01:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/45461

Actions (login required)

View Item View Item