Profil pemodelan matematika peserta didik dalam menyelesaikan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jauhari, Tanthowi (2020) Profil pemodelan matematika peserta didik dalam menyelesaikan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Tanthowi Jauhari_D74216077.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pemodelan matematika merupakan proses merepresentasikan suatu masalah matematika kontekstual ke dalam bentuk rumus matematis sehingga mudah untuk dipelajari dan dilakukan perhitungan yang mencakup 3 tahapan antara lain; memahami (mengidentifikasi) masalah, memanipulasi masalah, dan pembentukan model matematika disertai verifikasi model tersebut. Perbedaan gaya kognitif dapat mempengaruhi kemampuan peserta didik dalam menyusun model matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemodelan matematika peserta didik dalam menyelesaikan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif sistematis dan intuitif. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari empat peserta didik dengan ketentuan dua peserta didik bergaya kognitif sistematis dan dua peserta didik bergaya kognitif intuitif dari kelas VIII MTsN 1 Lombok Timur. Teknik pengumpulan data melalui tes pemecahan masalah dan wawancara. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa: (1) Peserta didik bergaya kognitif sistematis mampu memenuhi ketiga tahapan pemodelan matematika dengan baik. (2) Peserta didik bergaya kognitif intuitif mampu memenuhi kedua tahapan pemodelan matematika, yaitu identifikasi masalah, dan memanipulasi masalah. Namun kurang mampu memenuhi tahapan pembentukan model matematika.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jauhari, Tanthowitanthowijauhari@qmail.idD74216077
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSutini, Sutinisutinimiskun@uinsby.ac.id2003017703
Thesis advisorSadieda, Lisanul Uswahlisanuluswah@yahoo.com2026098302
Subjects: Matematika
Pendidikan
Keywords: Pemodelan Matematika; Masalah Matematika; Gaya Kognitif Sistematis-Intuitif.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Tanthowi Jauhari
Date Deposited: 25 Dec 2020 10:43
Last Modified: 25 Dec 2020 10:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/45469

Actions (login required)

View Item View Item