Implementasi Pembelajaran PAI Berbasis Scientific Approach di SMAN 10 Surabaya dan SMAN 20 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Subhan, Fauti (2020) Implementasi Pembelajaran PAI Berbasis Scientific Approach di SMAN 10 Surabaya dan SMAN 20 Surabaya. PhD thesis, UIN Sunan Ampel.

[img] Text
Fauti Subhan_F23116124.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), guru seringkali hanya menyampaikan pengetahuan sehingga aspek kognitif siswa yang lebih banyak berkembang sementara kemampuan afektif dan psikomotoriknya sering dilupakan. Oleh karena itu, penggunaan pendekatan saintifik harus diimplementasikan pada semua mata pelajaran, termasuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Dalam penelitian ini terdapat tiga rumusan masalah, yakni: Pertama, bagaimana proses pembelajaran PAI berbasis scientific approach di SMAN 10 dan SMAN 20 Surabaya? Kedua, bagaimana tipologi pembelajaran PAI berbasis scientific approach di SMAN 10 dan SMAN 20 Surabaya? Ketiga, bagaimana dampak implementasi pembelajaran PAI berbasis scientific Approach dalam mengasah keterampilan berfikir saintifik siswa di SMAN 10 Surabaya dan SMAN 20 Surabaya? Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan penggunaan strategi studi multikasus. Sumber data diperoleh dari data primer dan data sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan tiga teknik, yaitu: (1) wawancara mendalam, (2) observasi, dan (3) dokumentasi. Setelah data terkumpul, langkah selanjutnya adalah analisis data dengan analisis situs tunggal (reduksi data, display data dan verifikasi data), kemudian analisis data lintas situs. Temuan penulis dalam penelitian ini di antaranya: Pertama, dalam proses pembelajaran PAI berbasis saintifik, aspek yang dominan diterapkan dalam pembelajaran di SMAN 10 Surabaya adalah kegiatan mengamati, menanya, menalar, dan mengkomunikasikan. Guru memfasilitasi siswa dengan pembelajaran kontekstual dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber pembelajaran. Temuan ini menguatkan premis dalam teori kognitivisme bahwa ilmu pengetahuan dibangun dalam diri seorang anak melalui proses interaksi yang berkesinambungan dengan lingkungan. Melalui proses ini, siswa memiliki kemampuan mengkonstruk pengetahuan baru yang mengarah pada penemuan. Dengan demikian, temuan-temuan pada proses pembelajaran di SMAN 10 Surabaya mengarah pada pengembangan teori kognitivisme dan konstruktivisme. Sementara, dari proses pembelajaran PAI berbasis scientific approach di SMAN 20 Surabaya tampak bahwa proses pembelajaran di lembaga tersebut mengembangkan kerangka teori belajar behaviorisme dimana pembentukan perilaku dibangun melalui proses pembiasaan (kondisioning). Guru memberikan penguatan-penguatan keterampilan merangkai ide dan mempresentasikan gagasan melalui proses saintifik terutama pada ranah menalar dan mengkomunikasikan. Kedua, tipologi pembelajaran di SMAN 10 Surabaya mengarah pada proses “inquiry”, diantaranya menggunakan model discovery learning, inquiry based learning, dan problem based learning. Sedangkan tipologi model pembelajaran yang banyak dikembangkan di SMAN 20 lebih banyak menggunakan model pembelajaran cooperative learning, metode drilling, dan jigsaw. Ketiga, dampak penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran PAI di SMAN 10 Surabaya adalah capaian hasil belajar siswa di atas nilai KKM yakni 84,2 untuk hasil penilaian tengah semester dan nilai akhir semester 82,7. Merujuk pada data hasil observasi pembelajaran, tampak bahwa kemampuan belajar siswa dalam hal menanya dan keterampilan berfikir kritis semakin baik. Sedangkan hasil evaluasi belajar siswa di SMAN 20 Surabaya menunjukkan bahwa 75% siswa memperoleh nilai jauh di atas nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang ditetapkan sekolah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (PhD)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Subhan, Fautifauti_subhan@gmail.comF23116124
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNasir, Ridlwanm.ridlwannasir@gmail.com2017085003
Thesis advisorHilmy, Masdarmasdar.hilmy@gmail.com2002037101
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Kurikulum
Keywords: Pembelajaran PAI; Scientific Approach; Kurikulum 2013.
Divisions: Program Doktor > Dirasah Islamiyah
Depositing User: Dr. Fauti Subhan
Date Deposited: 30 Dec 2020 07:54
Last Modified: 30 Dec 2020 09:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/45472

Actions (login required)

View Item View Item