Kemampuan mengenal Warna Mejikuhibiniu pada anak usia 4-5 tahun di RA Darul Hikmah Bening Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amalia, Siti Zubaidah (2020) Kemampuan mengenal Warna Mejikuhibiniu pada anak usia 4-5 tahun di RA Darul Hikmah Bening Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Zubaidah Amalia_D98216056.rar

Download (6MB)

Abstract

Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan siswa siswi kelompok A RA Darul Hikmah Bening Mojokerto. Peneliti memilih mengambil lokasi di lembaga RA Darul Hikmah Bening Mojokerto. Teknik pengumpulan data dapat dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mengenal warna mejikuhibiniu pada anak kelompok 4-5 tahun di RA Darul Hikmah Bening Mojokerto sudah baik, anak-anak sudah mampu menyebut warna, menunjuk warna, mengelompokkan warna, dan mengenal gradasi warna dengan tepat. Anak usia 4-5 tahun berada pada tahap praoprasional, dimana pada tahap ini ciri-ciri pokok perekembangan anak pada penggunaan simbol atau bahasa tanda dan mulai berkembangnya konsep-konsep intuitif. Anak didik RA Darul Hikmah Bening Mojokerto sudah bisa menjelaskan dengan kata dan gambar dalam mengenal warna. Kegiatan mengenal warna mejikuhibiniu merupakan salah satu kegiatan yang sangat disukai anak-anak, karena kegiatan ini termasuk salah satu kegiatan yang menyenangkan bagi anak-anak. Maksud dari menyenangkan disini yaitu terletak pada proses memilih warna yang akan digunakan pada bidang gambar kosong. Adanya sebuah kebebasan terhadap anak dan bagian dari pembelajaran logika atau pembelajaran dalam aspek pengembangan kognitif. Saran dari penelitian ini ialah dengan adanya pembelajaran kognitif dalam hal mengenal warna diharapkan agar para pengajar atau seorang guru mempertahankan cara pembelajaran pengenalan warna mejikuhibiniu pada anak usia 4-5 tahun di RA Darul Hikmah Bening Mojokerto.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amalia, Siti Zubaidahzubed0228@gmail.comD98216056
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTamwifi, Irfanirf.tamwifi@gmail.com2002017001
Thesis advisorSyafi'i, Imamimamsyafii.iwa@gmail.com197011202000031002
Subjects: Anak
Keywords: Kemampuan mengenal warna mejikuhibiniu; Mengenal Warna; Anak usia 4-5 tahun.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Raudhotul Athfal
Depositing User: Siti Zubaidah Amalia
Date Deposited: 27 Dec 2020 10:33
Last Modified: 27 Dec 2020 10:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/45483

Actions (login required)

View Item View Item