Penerapan Halal Tourism dalam meningkatkan kunjungan wisatawan di Kota Malang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Leatemia, Lenny Agustina (2020) Penerapan Halal Tourism dalam meningkatkan kunjungan wisatawan di Kota Malang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lenny Agustina Leatemia_G94216111.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, yakni penelitian yang ditujukan untuk mengetahui sebab seperti bagaimana dan mengapa suatu masalah terjadi dalam penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan dilakukan dengan beberapa cara yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Untuk memudahkan menyampaikan hasil penelitian, peneliti melakukan penarikan kesimpulan terhadap data yang diperoleh. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa penerapan halal tourism di Kota Malang didalamnya menyediakan fasilitas dan layanan yang ramah terhadap wisatawan muslim yang dijalankan berdasarkan prinsip-prinsip Islam seperti menyediakan restoran halal, hotel halal, kuliner halal, mall halal, pasar halal, dan lain sebagainya. Kemudian untuk mendapatkan pengakuan halal dalam penerapan halal tourism di Kota Malang, maka usaha-usaha yang ingin menerapkan konsep halal harus memenuhi kriteria yang sudah ditulis dalam panduan penyelenggaraan yang sudah dibuat oleh Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI dan mempunyai sertifikat halal dari MUI. Adapun dalam meningkatkan kunjungan wisatawan Pemerintah Kota (Pemkot) Malang membuat sebuah rencana prioritas jangka pendek yang disebut Desain Strategi dan Rencana Aksi (DSRA) dimana terdapat dua program yang digunakan yaitu penguatan destinasi meliputi penguatan produk destinasi wisata halal melalui pembenahan sarana dan prasarana, serta penguatan industri dan kelembagaan meliputi capacity building pariwisata halal (sertifikasi dan standarisasi) dengan meningkatkan kapasitas SDM dan usaha pariwisata tentang halal tourism. Dan saat ini sudah ada 6 (enam) hotel, 4 (empat) restoran, 2 (dua) biro perjalanan, 2 (dua) destinasi wisata, 8 (delapan) pusat perbelanjaan dan oleh-oleh, serta 66 produk yang sudah menerapkan konsep halal. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan bagi pihak Pemerintah Kota Malang terus memprioritaskan pengembangan halal tourism di Kota Malang agar terus menguatkan posisi Kota Malang sebagai destinasi wisata halal. Selain itu, segera lakukan pengkajian terkait efektivitas halal tourism dalam meningkatkan kunjungan wisatawan guna memudahkan dalam melihat kelebihan dan kekurangan halal tourism di Kota Malang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Leatemia, Lenny Agustinalennyleatemia03@gmail.comG94216111
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArifin, Sirajulsirajul.arifin@yahoo.com; sirajul.arifin@uinsby.ac.id2014057001
Subjects: Ekonomi Islam
Pariwisata
Keywords: Halal tourism; Wisata halal; DSRA; Desain Strategi dan Rencana Aksi; Wisatawan.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Lenny Agustina Leatemia
Date Deposited: 03 Jan 2021 12:46
Last Modified: 03 Jan 2021 12:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/45501

Actions (login required)

View Item View Item