Terapi Behaviour dengan Teknik Manajemen Diri untuk Meningkatkan Disiplin Kegiatan Pesantren pada Seorang Santriwati di Pondok Pesantren Al-Muniroh Gresik.

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kasanah, Uswatul (2020) Terapi Behaviour dengan Teknik Manajemen Diri untuk Meningkatkan Disiplin Kegiatan Pesantren pada Seorang Santriwati di Pondok Pesantren Al-Muniroh Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Uswatul Kasanah_B93216130.pdf

Download (3MB)

Abstract

Fokus dalam Penelitian adalah (1) Bagaimana Proses Terapi Behaviour dengan Teknik Manajemen Diri untuk Meningkatkan Disiplin Kegiatan Pesantren pada Seorang Santriwati di Pondok Pesantren Al Muniroh Gresik? (2) Bagaimana hasil Terapi Behaviour dengan Teknik Manajemen Diri untuk Meningkatkan Disiplin Kegiatan Pesantren pada Seorang Santriwati di Pondok Pesantren Al Muniroh Gresik?. Dalam menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif, untuk menganalisa kendala kedisiplinan dalam mentaati peraturan terutama dalam kegiatan-kegiatan yang ada di pesantren. Sedangkan dalam pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang sudah didapatkan akan disajikan dalan bab penyajian data dan dengan teknik analisis deskriptif komparatif. yaitu perbandingan teori dan praktik di lapangan, juga perbandingan kondisi konseli sebelum dan sesudah konseling. Dalam penelitian ini, treatment yang digunakan yaitu Teknik Manajemen Diri. Dengan pendekatan ini konseli diharapkan merubah perilakunya menjadi istiqomah dalam mengatur waktu agar dapat melaksanakan aturan dan kegiatan yang ada di pesantren, juga memaknai hidup bahwa displin diri itu penting. Dapat disimpulkan bahwa dalam proses treatment ini yaitu : 1. Mengajak konseli membuat perencanaan untuk mengubah pikiran, dan perilaku yang diinginkan konseli. 2. Konseli bekerja sama dengan teman dan pengurus pondok untuk manajemen dirinya. 3. Konseli siap menanggung resiko dengan teugas manajemen diri yang dilaksanakanya. 4. Hasil akhir proses Terapi Behaviour dengan Teknik Manajemen Diri untuk Meningkatkan Disiplin Kegiatan Pesantren pada Seorang Santriwati di Pesantren Al Muniroh Gresik, penelitian ini cukup berhasil, yang mana hasil tersebut dapat dilihat dari adanya perubahan pada sikap atau perilaku konseli yang mulai menjadi baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kasanah, Uswatuluswatulkasanah18@gmail.comB93216130
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorThohir, Mohammadmohammadthohir@uinsby.ac.id2017057902
Subjects: Bimbingan Konseling
Keywords: Bimbingan Konseling; Terapi Behaviour; Meningkatkan kedisiplinan.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: S.Sos Uswatul Kasanah
Date Deposited: 11 Jan 2021 02:01
Last Modified: 11 Jan 2021 02:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/45556

Actions (login required)

View Item View Item