Profil level metakognisi peserta didik dalam pemecahan masalah matematika ditinjau dari Tipologi Kepribadian Hippocrates Galenus

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Suprayogi, Hermawan (2021) Profil level metakognisi peserta didik dalam pemecahan masalah matematika ditinjau dari Tipologi Kepribadian Hippocrates Galenus. Other thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hermawan Suprayogi_D74214059.pdf

Download (1MB)

Abstract

Metakognisi merupakan pengetahuan dan kesadaran peserta didik tentang proses berpikir dan kemampuannya untuk mengontrol proses berpikir, sehingga peserta didik tersebut dapat mempertimbangkan apa yang harus dilakukan dalam belajar maupun menyelesaikan masalah. Beberapa penelitian menunjukkan perbedaan tipe kepribadian mempunyai level metakognisi yang berbeda. Hippocrates mengklasifikasikan kepribadian manusia menjadi empat kelompok, yaitu: koleris, plegmatis, melankolis, dan sanguins. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan level metakognisi peserta didik yang memiliki kepribadian koleris, plegmatis, melankolis, dan sanguins dalam menyelesaikan masalah matematika. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 17 Surabaya pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Subjek penelitian diambil dari peserta didik kelas VIII. Subjek penelitian ini terdiri dari 2 subjek tipe koleris, 2 subjek tipe plegmatis, 2 subjek tipe melankolis dan 2 subjek tipe sanguins yang diklasifikasikan berdasarkan angket tes kepribadian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis dan wawancara. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tulis berupa LKPD dengan materi peluang dan lembar pedoman wawancara. Data hasil tes tertulis dianalisis berdasarkan indikator tahap metakognisi dalam pemecahan masalah matematika. Hasil wawancara dilakukan reduksi data terlebih dahulu, setelah disajikan dalam bentuk skema dan naratif. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa profil level metakognisi peserta didik bertipe koleris dalam menyelesaikan masalah matematika cenderung pada level reflective use yaitu mampu memenuhi indikator tahap metakognisi namun kurang teliti dalam proses evaluasi. Kemudian profil level metakognisi peserta didik plegmatis cenderung pada level aware use yaitu peserta didik kesulitan untuk memahami masalah. Selanjutnya peserta didik bertipe melankolis cenderung pada level reflective use yaitu mampu memenuhi indikator tahap metakognisi dengan penyelesaian yang runtut. Sedangkan peserta didik bertipe sanguins cenderung pada level strategic use yaitu peserta didik memenuhi indikator perencanaan dan pemantauan, namun peserta didik kurang tenang dalam menyelesaikan masalah sehingga tidak melakukan proses evaluasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Other)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Suprayogi, Hermawanykalkulus@gmail.comD74214059
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLailiyah, Sitilailiyah@uinsby.ac.id2028098401
Thesis advisorKusaeri, Kusaerikusaeri@uinsby.ac.id2006077202
Subjects: Matematika
Keywords: Level Metakognisi; Masalah Matematika; Kepribadian Hippocrates Galenus.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Hermawan Suprayogi PMT
Date Deposited: 12 Jan 2021 09:40
Last Modified: 12 Jan 2021 09:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/45563

Actions (login required)

View Item View Item