Analisis tingkat literasi keuangan syariah keluarga pekerja migran Indonesia (PMI) dalam mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs) di Kecamatan Ngantru Kabupaten Tulungagung

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Umami, Ayustina Nur (2020) Analisis tingkat literasi keuangan syariah keluarga pekerja migran Indonesia (PMI) dalam mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs) di Kecamatan Ngantru Kabupaten Tulungagung. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ayustina Nur Umami_G94216155.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan Participatory Rural Appracial (PRA). Adapun teknik pengumpulan data dengan wawancara dengan informan baik secara langsung atau media online, observasi langsung pada tempat informan, dokumentasi yang berupa data pada Badan Pusat Statistika (BPS) Kabupaten Tulungagung dan literasi keuangan syariah sebagai pelengkap hasil penelitian. Analisis data pada penelitian ini menggunakan tiga tahapan yaitu reduksi data dengan menggolongkan informan yang mana merupakan keluarga Pekerja Migran Indonesia (PMI), display data dengan mengumpulkan informasi dari informan berupa literasi keuangan syariah dalam pemanfaatan remitansi sehingga dapat ditarik kesimpulan, yang terakhir adalah kesimpulan dan verifikasi yang mana memunculkan temuan baru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran keluarga Pekerja Migran Indonesia (PMI) dalam meningkatkan literasi keuangan syariah di Kecamatan Ngantru Kabupaten Tulungagung berdasarkan analisis komponen-konponen literasi keuangan syariah yang mana menghasilkan 28,6% dari informan mempunyai tingkat literasi keuangan syariah yang masih tergolong rendah atau less literate, sedangkan 71,4% dari informan tidak mempunyai literasi keuangan syariah atau not literate. Selain itu, tingkat literasi keuangan syariah sangat penting dalam mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs) yang mana terdapat tiga tujuan yaitu penghapusan kemiskinan, pendidikan yang berkualitas, pekerjaan yang layak serta pertumbuhan ekonomi. Berdasarkan hasil penelitian, diharapkan keluarga Pekerja Migran Indonesia (PMI) lebih terampil dalam mengelola dana remitansi serta meningkatkan pengetahuan dan menggunakan produk lembaga keuangan syariah demi memajukan lembaga keuangan syariah di Indonesia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Umami, Ayustina Nurayustina585@gmail.comG94216155
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFitrianto, Achmad Roomar.fitrianto@uinsby.ac.id2027067701
Subjects: Keuangan
Keywords: Literasi Keuangan Syariah, Remitansi, Pekerja Migran Indonesia (PMI), Sustainable Development Goals (SDGs)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ayustina Nur Umami
Date Deposited: 12 Jan 2021 12:21
Last Modified: 12 Jan 2021 12:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/45570

Actions (login required)

View Item View Item