This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Mughni, Muchammad Musthofa Zuhad (2020) Membangun ekonomi kreatif peternak sapi perah melalui pengelolaan susu sapi di Desa Sumokali Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Muchammad Mushtofa Zuhad Mughni_B92215078.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang proses pendampingan yang dilakukan kepada kelompok peternak sapi perah sebagai upaya membangun ekonomi kreatif di desa Sumokali Kecamatan Candi. Penelitian dan pendampingan ini berfokus pada aset dan potensi yang di temukan pada peternakan sapi perah yang ada di Desa Sumokali, bagaimana strategi pendampingan yang digunakan dalam pengembangan peternakan sapi di Desa Sumokali, dan bagaimana perubahan yang dihasilkan dari adanya proses pendampingan di Desa Sumokali. Pada sebuah proses pendampingan ini, pendamping menggunakan pendekatan ABCD (Asset Based Community Development), pendekatan ini berfokus pada pengembangan aset, dengan cara memanfaatkan sebuah potensi yang dimiliki untuk dapat mencapai sebuah tujuan yang diharapkan. Pendekatan ABCD memiliki tahapan yang biasa di sebut dengan siklus 5-D yaitu define, discovery, dream, design, dan destiny. Dengan pendekatan berbasis aset setiap individu maupun kelompok didorong untuk dapat memulai sebuah proses perubahan, karena ABCD merupakan sebuah pendekatan dalam pengembangan masyarakat yang bertujuan untuk dapat mewujudkan tatanan kehidupan sosial yang mana masyarakat itu sendiri yang menjadi pelaku dan menjadi sebuah penentu upaya pembangunan dilingkungangnya sendiri. Melalui proses aksi perubahan seperti melakukan inovasi pengelolaan susu sapi dalam uji coba pembuatan kefir, hal ini dapat menghasilkan sebuah kesadaran peternak sapi perah terhadap aset yang dimiliki, selain itu peternak sapi perah mampu menciptakan sebuah budaya kreatif peternak sapi perah dalam pengelolaan ternak mereka untuk membangun ekonomi kreatif peternak sapi perah. Selain inovasi dalam pengelolaan susu sapi menjadi kefir, sebuah pengembangan strategi pemasaran menggunakan media online, mampu memperluas area pemasaran produk mereka, agar produk yang sudah diproduksi oleh peternak sapi perah di Desa Sumokali dapat dikenal masyarakat lebih luas.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Ekonomi Pemberdayaan Peternakan |
||||||||
Keywords: | Pemberdayaan; peternak sapi perah; inovasi susu sapi; ekonomi kreatif. | ||||||||
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam | ||||||||
Depositing User: | Membangun Muchammad Musthofa Zuhad Mughni | ||||||||
Date Deposited: | 12 Jan 2021 12:42 | ||||||||
Last Modified: | 12 Jan 2021 12:42 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/45574 |
Actions (login required)
View Item |