العناصر البلاغية في شعر "مرحبا أيها الأمير الجليل" لخليل مطران

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zakiyah, Zakiyah (2021) العناصر البلاغية في شعر "مرحبا أيها الأمير الجليل" لخليل مطران. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zakiyah_A01217047.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang unsur-unsur balaghah dalam syi’ir “Marhaban Ayyuha Al-amiru Al-jalil” karya Khalil Muthran. Syi’ir ini dianggap sebagai salah satu syi’ir yang paling terkenal dalam antalogi yang lahir dari seorang penulis termasyhur yang bernama Khalil Muthran yang merupakan pembaharu revolusioner puisi atau syi’ir Arab. Didalamnya bercerita mengenai seorang pemimpin yang sangat dihormati dan berjiwa mulia, yang memberikan petunjuk terhadap Mesir di kala itu sehingga bias menunjukkan pada kebenaran dalam memperjuangkan ke arah kemajuan. Selain itu, dalam syi’ir ini Khalil Muthran menggunakan berbagai macam gaya bahasa yakni unsur-unsur balaghah yang meliputi ilmu ma’ani, ilmu bayan, dan ilmu badi’. Hal ini ini dilakukan agar pesan dan maksud yang ingin disampaikannya mengena di hati pembaca. Metode analisis yang digunakan dalam skripsi ini adalah deskriptif kualitatif dengan Ilmu Balaghah sebagai teorinya. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan literature atau karya ilmiah yang berkaitan dengan penelitian serta mengambil dari data primer maupun sekunder. Penelitian ini termasuk penelitian kepustakaan (Library Research) yang membahas tentang unur-unsur balaghah dalam syi’ir tersebut. Dari penelitian tersebut, peneliti merumuskan dua rumusan masalah yaitu, apa saja unsurunsur balaghah dan jenis-jenis unsur balaghah apa saja yang terdapat dalam syi’ir “Marhaban Ayyuha Al-amiru Al-Jalil” karya Khalil Muthran. Berdasarkan rumusan masalah tersebut penelti menemukan beberapa temuan unsur-unsur balaghah, diantaranya dari segi ilmu ma’ani yang meliputi 1) Kalam Khabari Ibtida’i, 2) Kalam Khabari Thalabi, 3) Kalam Insya’i Thalabi, 4) Kalam Insya’i Ghairu Thalabi, 5) Wawu Washl, 6) Fa’ Fashl. 7) Ijaz Bi Al-hadzf, 8) Ijaz Bi Al-Qashrf, 9) Itnab, 11) Taukid. Adapun dari segi ilmu bayan, meliputi 1) Kinayah, 2) Majas Mursal, 3) Isti’arah Tashrihiyah, 4) Majas ‘Aqli, 5) Isti’arah Muthlaqah, 6) Tashbih Baligh, 7) Taybih Jam’i, 8) Isti’arah Makniyah. Dan adapun dari segi ilmu badi’ meliputi, 1) Sajak Murasha’, 2) Uslub Tauriyah, 3) Jinas Mutamatsil, 4) Ta’kid Al-dzam bi ma yusybihu Al-madh, 5) Jinas Murakkab Mufraq, 6) Jinas tam, 7) Jinas Ghairu Tam, 8) Jinas Muharraf, 9) Tibaq Ijabi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zakiyah, Zakiyahzakiyahcndr@gmail.comA01217047
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRomdlon, Atiq Mohammadatiqramadhan@yahoo.com2021126701
Subjects: Sastra
Keywords: Balaghah; syi’ir “Marhaban Ayyuha Al-amiru Al-jalil”; Khalil Muthran.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Zakiyah candra
Date Deposited: 15 Jan 2021 00:14
Last Modified: 15 Jan 2021 00:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/45587

Actions (login required)

View Item View Item