المحسنات اللفظية والمعنوية في "مولد الديبعي" للشيخ عبد الرحمن الديبعي

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ali, Usman (2021) المحسنات اللفظية والمعنوية في "مولد الديبعي" للشيخ عبد الرحمن الديبعي. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabay.

[img] Text
Usman Ali_A01217045.pdf

Download (2MB)

Abstract

Mahasiswa Bahasa Arab, lebih-lebih jurusan Sastra Arab wajib hukumnya mempelajari ilmu balagah karena dengan ilmu ini keindahan Bahasa Arab dapat dirasakan. Salah satunya ilmu badi’, ilmu untuk menguasai seluk beluk Bahasa Arab supaya kata-katanya bisa menjadi indah, enak didengar, serta mudah diucapkan. Pada penelitian ini, penulis menggunakan kedua objek kajian ilmu badi’ yaitu tata cara memperindah kalimat dari segi lafaz dan makna, sebagai pendekatan dalam membahas “Keindahan lafaz dan makna dalam kitab “Maulid Diba’i” karya Syaikh Abdurrahman Al-Diba’i”. Syaikh Abdurrahman Al-Diba’i merupakan ahli hadis (muhaddis), dilahirkan pada hari kamis tanggal 4 Muharram tahun 866 H/1461 M dikediaman orang tuanya dikota Zabid. Di akhir tahun kelahiran beliau, sang ayah pergi meninggalkan kota Zabid sehingga Syaikh Abdurrahman Al-Diba’i belum pernah melihat bagaimana rupa sang ayah. Syaikh Abdurrahman Al-Diba’i termasuk ulama yang produktif dalam menulis, hal ini terbukti beliau mempunyai banyak karangan baik dibidang hadis ataupun sejarah. Karyanya yang paling dikenal adalah syair-syair sanjungan (madah) atas Nabi Muhammad SAW, yang terkenal dengan sebutan Maulid Al-Diba’i. Adapun rumusan masalah yang melatar belakangi penelitian ini yaitu:
1. Apa saja macam-macam keindahan lafaz dalam “Maulid Diba’i” karya Syaikh Abdurrahman Al-Diba’i?. 2.Apa saja macam-macam keindahan makna dalam “Maulid Diba’i” karya Syaikh Abdurrahman Al-Diba’i?
Adapun penelitian ini meggunakan metode kualitatif deskriptif yakni memakai prosedur pemecahan masalah yang dilakukan dengan cara mengumpulkan data serta menganalisisnya. Sumber penelitian ini mencakup keseluruhan isi kitab “Maulid Diba’i” dari awal hingga akhir, dan datanya yakni bentuk kalimat yang mengandung keindahan lafaz dan makna yang terdapat dalam kitab “Maulid Diba’i”. Adapun tahap penelitiannya adalah membaca dan memahami konsep-konsep yang berkaitan dengan keindahan lafaz dan makna, mengumpulkan data berdasarkan refrensi yang berhubungan dengan teori yang sudah ditentukan, serta peneliti menyusun hasil penelitian secara sistematis yang akan disajikan dalam bentuk skripsi. Setelah melakukan pengkajian dalam kitab “Maulid Diba’i” peneliti menemukan 123 data dari keindahan lafaz yaitu 20 dari jinas , 100 dari saja’, dan 3 iqtibas. Dan menemukan 2 data dari keindahan makna yaitu 1 dari tauriyah dan 1 dari ta’kidul madah bima yusybihu dzam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ali, Usmananggeladwifitriasnsyah@gmail.comA01217045
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRohim, Fathurzidny_fathan@yahoo.com2025016901
Subjects: Sastra
Keywords: Maulid Dhiba’i; Syaikh Abdurrahman Al-Diba’i; al-Muhassinat al-Lafziyah wa Al-Maknawiyah.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Usman Ali
Date Deposited: 14 Jan 2021 16:08
Last Modified: 14 Jan 2021 16:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/45605

Actions (login required)

View Item View Item