Pengembangan perangkat pembelajaran matematika model kooperatif tipe Snowball Throwing dengan Strategi Student Team Heroic Leadership (STHL) untuk melatih kemampuan komunikasi matematis peserta didik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Indaria, Fitria Ayu (2020) Pengembangan perangkat pembelajaran matematika model kooperatif tipe Snowball Throwing dengan Strategi Student Team Heroic Leadership (STHL) untuk melatih kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fitria Ayu Indaria_D74216051.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis merupakan salah satu orientasi dari pembelajaran matematika yang harus dimiliki peserta didik dalam menyampaikan ide atau gagasan matematika sehingga dapat menyelesaikan masalah matematika baik secara lisan dan tulisan. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika model kooperatif tipe snowball throwing dengan strategi student team heroic leadership (STHL) untuk melatih kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan dengan mengacu pada model pengembangan Plomp yang terdiri dari 3 fase, diantaranya adalah fase pendahuluan, fase pengembangan atau pembuatan prototype, dan fase penilaian. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi RPP, LKPD, dan Buku Saku pada materi operasi hitung bilangan bulat. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah catatan lapangan (field note) untuk data proses pengembangan pembelajaran serta teknik validasi dan kepraktisan untuk data kevalidan dan kepraktisan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama ini proses pembelajaran yang dilakukan peserta didik kelas VII MTs Darul Ma’arif Mojokerto menggunakan pembelajaran langsung dengan kurikulum 2013 edisi revisi 2017. Kevalidan perangkat pembelajaran dikatakan “valid” dengan RTV RPP sebesar 4,2; RTV LKPD sebesar 4,1; dan RTV Buku Saku sebesar 4,0. Kepraktisan perangkat pembelajaran dinyatakan “praktis” oleh kelima validator yakni dapat digunakan dengan sedikit revisi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran matematika yang dikembangan dapat dikatakan valid dan praktis.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Indaria, Fitria Ayuayuf573@gmail.comD74216051
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSetyawati, Maunahmaunah_iain@yahoo.com197411042008012008
Thesis advisorArrifadah, Yuniyuni.arrifadah@uinsby.ac.id2005067301
Subjects: Dokumen - Pemalsuan
Keywords: Snowball Throwing; Student Team Heroic Leadership (STHL); Kemampuan Komunikasi Matematis.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Fitria Ayu Indaria
Date Deposited: 14 Jan 2021 16:28
Last Modified: 14 Jan 2021 16:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/45609

Actions (login required)

View Item View Item