القيم الحيوية والأخلاقية في الأناشيد العربية لماهر زين

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Qadhafi, Muammar (2021) القيم الحيوية والأخلاقية في الأناشيد العربية لماهر زين. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muammar Qadhafi_A91217121.pdf

Download (2MB)

Abstract

Nasyid merupakan salah satu produk sastra yang memiliki efek positif pada pendengar karena memperkuat pola pikir dan menenangkan perasaan. Selain itu, nasyid merupakan sarana yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan atau nilai moral kepada para pendengar melalui liriknya. Adapun nilai moral dalam nasyid adalah nilai-nilai etika yang ingin disampaikan oleh pengarang kepada para pendengar yang merupakan makna yang terkandung dalam sebuah lagu (nasyid). Berdasarkan penjelasan tersebut, maka peneliti tertarik untuk meneliti nilai moral yang terdapat dalam lagu Arab Maher Zain dengan 2 fokus pertanyaan: 1) Nilai apa saja yang terdapat dalam lagu Arab Maher Zain, 2) Nilai moral apa saja yang terdapat dalam lagu Arab Maher Zain. Adapun tujuan penelitian ini adalah menjelaskan dan mengidentifikasi nilai-nilai moral yang ada dalam lagu Arab Maher Zain. Oleh karena itu, peneliti menggunakan kajian teori tentang nilai moral yang didukung oleh pendapat dari Besley dan Arifin. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan analisis isi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini diambil dari beberapa nasyid Arab karya Maher Zain yang kemudian dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan pendekatan psikologi sastra. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Terdapat nilai-nilai penting bagi kehidupan manusia dalam lagu Arab Maher Zain seperti nilai agama, nilai sosial, dan nilai politik. Hal itu dibuktikan dengan ditemukannya nilai agama sebanyak 17 data, nilai sosial sebanyak 6 data, dan nilai politik sebanyak 1 data. 2) Terdapat nilai-nilai moral dalam lagu Arab Maher Zain sebanyak 46 data yang terdiri dari: )1) nilai moral manusia terhadap Tuhannya sebanyak 23 data. )2) nilai moral manusia terhadap sesamanya sebanyak 10 data. )3) nilai moral manusia yang berupa nilai kemanusiaan sebanyak 13 data.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Qadhafi, Muammardafisyafiih43@gmail.comA91217121
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRohim, Fathurfathurrohim0169@gmail.com2025016901
Subjects: Bahasa Arab
Keywords: Nilai Moral; Nasyid Arab Maher Zain.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Muammar Qadhafi
Date Deposited: 03 Feb 2021 15:47
Last Modified: 03 Feb 2021 15:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/45618

Actions (login required)

View Item View Item