التشبيه وأغراضه في رواية "اللص والكلاب" لنجيب محفوظ

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitri, Alfiatul (2021) التشبيه وأغراضه في رواية "اللص والكلاب" لنجيب محفوظ. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alfiatul Fitri_A01217007.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Tasybih dalam novel pencopet dan kelompok begundal karya Najib Mahfudz. Novel ini dianggap sebagai salah satu novelnya yang paling terkenal setelah karya Trilogi yang ditulis oleh Najib. Novel ini mengusung gagasan tentang kesia-siaan, kematian, makna keberadaan serta mencari keadilan yang hilang. Selain itu, dalam novel ini Najib mahfudz juga menggunakan berbagai macam gaya bahasa salah satunya adalah penggunaan Tasybih. Hal itu dilakukan agar pesan dan maksud yang ingin disampaikannya lebih mengena di hati pembaca. Metode analisis yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan Ilmu Balaghah sebagai teorinya. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan literature atau karya ilmiah yang berkaitan dengan penelitian serta mengambil dari data primer maupun sekunder. Penelitian ini termasuk penelitian kepustakaan (Library Research) yang membahas tentang macam-macam dan tujuan tasybih dalam novel tersebut. Dari penelitian tersebut, peneliti merumuskan dua rumusan masalah yaitu, apa saja macam-macam dan tujuan tasybih dalam novel Pencopet dan kelompok begundal karya Najib Mahfudz. Berdasarkan rumusan masalah yang telah disebutkan sebelumnya, peneliti menemukan beberapa macam tasybih,diantaranya: 1) Tasybih Mursal, 2) Tasybih mufasshal, 3) Tasybih mujmal. 4) Tasybih Baligh, 5) Tasybih Tamstsily, 6) tasybih taswiyah, 7) tasybih jama’. Adapun tujuan tasybih yaitu terdiri dari lima macam tujuan 1) menjelaskan keadaan musyabbah, 2) menjelaskan kadar keadaan musyabbah, 3) menegaskan keadaan musyabbah, 4) memperindah musyabbah, dan 5) memperburuk musyabbah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitri, Alfiatulalfiyatulfitri16@gmail.comA01217007
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRomdlon, Atiq Mohammadatiqramadhan@yahoo.com2021126701
Subjects: Bahasa Arab
Sastra
Keywords: Tasybih; Tujuan tasybih; novel “Allish wal-Kilab”.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Alfiatul Fitri
Date Deposited: 15 Jan 2021 01:55
Last Modified: 15 Jan 2021 01:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/45624

Actions (login required)

View Item View Item