Analisis hukum islam dan undang-undang No. 33 Tahun 2014 terhadap jual beli produk skincare di Nanisa Beauty and Dental Clinic Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Safitri, Adelia (2021) Analisis hukum islam dan undang-undang No. 33 Tahun 2014 terhadap jual beli produk skincare di Nanisa Beauty and Dental Clinic Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Adelia Safitri_C92216074.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini disusun berdasarkan tujuan menjawab pertanyaan suatu masalah, yakni meliputi: (1) Bagaimana praktik jual beli produk Skincare di Nanisa Beauty and Dental Clinic Sidoarjo?. (2) Bagaimana Analisis Hukum Islam dan Undang-Undang No. 33 Tahun 2014 terhadap jual beli produk Skincare di Nanisa Beauty and Dental Clinic Sidoarjo?.Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) data yang dikumpulkan dengan tekhnik observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya dianalisis dengan menggunakan deskriptif kualitatif, yaitu pembahasan dimulai dengan mengumpulkan data di lapangan mengenai jual beli produk di Nanisa Beauty and Dental Clinic Sidoarjo, kemudian dianalisis menggunakan hukum Islam dalam akad jual beli serta UU No. 33 Tahun 2014 tentang jaminan produk halal. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa, pertama jual beli produk skincare di Nanisa Beauty and Dental Clinic Sidoarjo merupakan jual beli yang sah karena syarat dan rukunnya telah terpenuhi. Yakni dengan bertemunya kedua belah pihak dan saling menyerahkan barang dengan nilai beli, serta terjadi kesepakatan antar para pihak yang melakukan transaksi tersebut. Yang kedua menurut UU No. 33 Tahun 2014 meskipun dalam praktiknya produk tanpa label halal membuat resah customer, namun itu tidak menjadi masalah bagi customer selama produknya aman dipakai dan tidak menimbulkan efek berbahaya. Sebab bukan kelalain klinik akan tetapi karena alasan adanya kerahasiaan yang tidak bisa dipublik dalam bahan yang digunakan. Penulis menyarankan kepada Nanisa Beauty and Dental Clinic Sidoarjo hendaknya segera mendaftarkan produk Skincare nya di MUI agar customer yang memakai produk Skincare tersebut merasa aman. Dan bagi customer disarankan lebih memperhatikan komposisi yang terkandung didalam produk Skincare yang dibeli agar dalam penggunaan produk skincare tersebut customer merasa aman dan tidak dirugikan. Hal itu agar mendapat berkah dan dapat terjalin hubungan yang baik antarsesama manusia melalui jual beli yang sesuai dengan ketentuan hukum Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Safitri, Adeliaadeliasftr.id@gmail.comC92216074
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHaq, A. Faishalafhaq@yahoo.co.id dan faishalhaq50@gmail.com2020055001
Subjects: Hukum Islam
Jual Beli
Keywords: Jual Beli; Kecantikan; Produk Kecantikan; Skincare di Nanisa Beauty and Dental Clinic; Klinik Kecantikan.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syariah
Depositing User: Adelia Safitri
Date Deposited: 21 Jan 2021 09:28
Last Modified: 21 Jan 2021 09:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/45642

Actions (login required)

View Item View Item