الخطاب القرآني في سورة الحجرات في ضوء تحليل النص لتوين فان ديك

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rizaldi, Rahul (2021) الخطاب القرآني في سورة الحجرات في ضوء تحليل النص لتوين فان ديك. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rahul Rizaldi_A01216047.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Wacana Al Quran dari Surat Al Hujurat. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kutipan dari Surat Al Hujurat ayat 6 yang sering dibicarakan masyarakat umum tanpa disertakan ayat-ayat sebelum dan sesudahnya. Peneliti ingin mengetahui wacana Surat Al Hujurat secara menyeluruh. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana struktur mikro dan superstruktur dari wacana Surat Al Hujurat? Apa tema utama wacana Surat Al Hujurat? Dari rumusan masalah tersebut, tujuan peneliti adalah mengetahui struktur mikro, superstruktur, dan tema utama Surat Al Hujurat. Peneliti berharap penelitian ini dapat berguna sebagai tambahan referensi tentang metode memahami ayat-ayat Al Quran. Penelitian ini menggunakan teori Analisis Teks Teun Van Dijk. Dalam teori tersebut dijelaskan struktur-struktur pada suatu teks. Struktur-struktur tersebut diurutkan dalam tingkatan-tingkatan tertentu disertai dengan unsur-unsur yang diamati. Metodologi penelitian kualitatif, yaitu penelitian yang datanya berupa data tertulis dengan teknik pengambilan data melalui kajian pustaka. Berdasarkan analisis-analisis yang telah dilakukan oleh peneliti terhadap Surat Al Hujurat menggunakan Analisis Teks Teun Van Dijk, peneliti mendapatkan kesimpulan bahwa secara mikrostruktur dan superstruktur Surat Al Hujurat tersusun dengan sangat sempurna, runtut, dan indah yang mengarah kepada satu tema utama surat tersebut yaitu larangan Allah dalam hal mempersembahkan sesuatu dan menempatkannya lebih tinggi dari apa yang dipersembahkan oleh Allah dan RasulNya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rizaldi, Rahulcakrahulpemelajarkehidupan@gmail.comA01216047
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNasaruddin, Idris Jauharnasaruddin@uinsby.ac.id2009097501
Subjects: Bahasa Arab
Al Qur'an
Keywords: analisis teks Van Dijk; gagasan inti; tema utama Surat Al Hujurat.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Rahul Rizaldi
Date Deposited: 15 Jan 2021 06:40
Last Modified: 15 Jan 2021 06:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/45647

Actions (login required)

View Item View Item