Tren berhijrah di kalangan milenial : studi motivasi komunitas kahf surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lestari, Siti Nur (2020) Tren berhijrah di kalangan milenial : studi motivasi komunitas kahf surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Nur Lestari_E21216101.pdf

Download (23MB)

Abstract

Tren hijrah pada saat ini sangat booming ditengah masyarakat, tertutama bagi generasi milenial. Berbagai macam proses yang dilakukan untuk berhijrah. Pada dasarnya dalam melakukan hijrahnya setiap orang memiliki motivasi dan tujuan yang berbeda-beda. Begitu pula yang dirasakan oleh anggota komunitas Khaf. Melakukan berbagai macam tindakan agar bisa istiqomah dalam menjalankannya, hingga mengambil keputusan untuk bergabung di komunitas Kahf Surabaya. Penelitian ini hendak meneliti motivasi anggota komunitas Kahf. Penelitian ini dilakukan kurang lebih selama enam bulan agar memperoleh data yang dibutuhkan. Data-data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Untuk meneliti tren berhijrah di kalangan milenial studi motivasi anggota komunitas Kahf, peneliti menggunakan teori tindakan sosial dari Max Weber. Penelitian ini juga menemukan bahwa motivasi dalam berhijrah bukan hanya untuk mendapatkan surgaNya, namun juga untuk mendapatkan pasangan yang shaleh ataupun shalehah. Disamping itu mereka juga menemukan ketenangan batin setelah melakukan proses hijrah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lestari, Siti Nurlestarisitinur@gmail.comE21216101
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyafaq, Hammishammissyafaq@yahoo.com2016017501
Thesis advisorRofhani, Rofhanirofhani1971@gmail.com2030017101
Subjects: Budaya - Agama
Keywords: Hijrah, Motivasi, Tindakan sosial Max Weber
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Siti Nur Lestari
Date Deposited: 15 Jan 2021 08:16
Last Modified: 15 Jan 2021 08:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/45653

Actions (login required)

View Item View Item