Penguatan kapasitas Ibu-ibu sebagai kelompok ssaha perempuan di Kelurahan Bojongherang Kecamatan Cianjur Kabupaten Cianjur Jawa Barat.

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Utami, Shinta Fira Puji (2020) Penguatan kapasitas Ibu-ibu sebagai kelompok ssaha perempuan di Kelurahan Bojongherang Kecamatan Cianjur Kabupaten Cianjur Jawa Barat. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Shinta Fira Puji Utami_B52216067.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kelurahan Bojongherang Kabupaten Cianjur memiliki kelompok usaha perempuan bernama “Tulip” dengan aset individual berupa keterampilan membuat produk. Akan tetapi, kelompok Tulip mengalami penurunan produktivitas sehingga kelompok vakum selama 4 tahun lamanya. Melalui riset aksi dengan metode Asset Based Research Development (ABCD) mencoba untuk memanfaatkan aset organisasi berupa kelompok usaha perempuan bernama “Tulip” dan aset individual anggotanya berupa keterampilan. Pemberdayaan kelompok Tulip melalui penguatan kapasitas kelompok ini bertujuan untuk mengembangkan usaha kelompok perempuan. Dalam penelitian ini berfokus pada pembuatan produk unggulan dan penguatan kapasitas kelompok. Penggalian data didapatkan melalui observasi, wawancara, dan Focus Group Discussion. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah leaky bucket dan tabel perubahan. Dari hasil penelitian yang dilakukan, kelompok Tulip mengalami beberapa perubahan setelah mendapatkan pelatihan yaitu kelompok memiliki produk unggulan, kelompok memahami cara menentukan harga, cara membuat strategi pemasaran, dan meningkatnya laba dari hasil penjualan kelompok.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Utami, Shinta Fira Pujishintafira789@gmail.comB52216067
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorThayib, Thayibsyarifthayib@gmail.com2016117001
Subjects: Masyarakat
Wirausaha
Keywords: Pemberdayaan; Kelompok Tulip; Aset; Usaha; Kelompok Usaha Perempuan; Penguatan Kapasitas.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Shinta Fira Puji Utami
Date Deposited: 12 Feb 2021 10:16
Last Modified: 12 Feb 2021 10:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/45660

Actions (login required)

View Item View Item