Pengaruh media Quizizz terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di Kelas XII MAN 1 Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azizah, Biqrotul (2021) Pengaruh media Quizizz terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di Kelas XII MAN 1 Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Biqrotul Azizah_D91217086.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pandemi Covid-19 memberi pengaruh yang cukup besar di bidang pendidikan sehingga proses belajar mengajar harus dilakukan dalam jaringan. Jadi, guru harus memiliki inovasi dalam penggunaan media daring sehingga proses pembelajaran tetap berproses dengan efektif dan tepat waktu. Di sisi lain, apabila guru mempuyai inovasi penggunaan media pembelajaran, maka minat belajar dari peserta didik akan meningkat karena penggunaan media belajar yang menarik. Metode yang dipakai dalam riset ini merupakan metode kuantitatif dengan tipe riset korelasional. Riset korelasional adalah riset yang meneliti keterkaitan atau pengaruh antar variabel. Riset ini termasuk korelasional sebab berdasarkan dengan tujuan riset yang ingin mengidentifikasi adanya pengaruh media Quizizz terhadap minat belajar siswa. Hasil riset memperlihatkan bahwa skor t hitung untuk variabel media Quizizz adalah 6,748 dengan skor signifikansi yang didapat sama dengan 0,000. Hal itu menjelaskan bahwa variabel media Quizizz mempunyai skor signifikansi kurang dari 0,05, sehingga dugaan (H1) diterima. Berdasarkan hal tersebut bisa disimpulkan media Quizizz (X) berpengaruh terhadap minat belajar siswa (Y). Pengaruh yang terdapat dalam riset ini adalah pengaruh positif. Hal ini berarti bahwa media Quizizz (X) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat belajar (Y), yang mana dapat diartikan bahwa semakin efektif media Quizizz maka akan semakin tinggi pula minat belajar siswa. Saran yang dapat peneliti sampaikan sebagai bahan pertimbangan dan perbaikan adalah: 1)Bagi pendidik, adanya pelatihan khusus bagi para pendidik yang kurang menguasai penggunaan media berbasis teknologi; 2) Bagi peserta didik, sebaiknya tidak sepenuhnya bergantung pada gadget. Sehingga kurang tertarik dengan membaca buku sebagai sumber pengetahuannya. Oleh karena itu, pendidik juga harus tetap membudidayakan budaya literasi melalui buku agar peserta didik tidak menutup ketertarikannya terhadap sumber pengetahuan utama yakni buku; 3)Bagi penelitian yang akan datang, diharapkan bisa lebih kreatif dan dan inovatif dalam melaksanakan sebuah penelitian, baik dari aspek teknik dan metode penelitian yang digunakan. Sehingga peneliti ke depannya bisa tahu reaksi, perkembangan kreativitas, motivasi dan antusias belajar siswa dan beberapa aspek lain yang mendukung jalannya riset dalam rangka menumbuhkan inovasi belajar dalam pendidikan di masa yang akan datang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azizah, Biqrotulbikro.azizah@gmail.comD91217086
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAssegaf, Abd. Rachmanprofassegaf@gmail.com2012036402
Thesis advisorNawawi, Muhammadabuasimazz@yahoo.com2015045701
Subjects: Akhlak
Keywords: Covid-19; Quizizz; Minat Belajar.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Biqrotul Azizah
Date Deposited: 18 Jan 2021 01:58
Last Modified: 18 Jan 2021 01:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/45666

Actions (login required)

View Item View Item