Geospatial retrieval hotel syari'ah berbasis practical byzantine fault tolerance blockchain untuk meningkatkan keamanan data

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Suryana, Moch. Ainur Rahman (2021) Geospatial retrieval hotel syari'ah berbasis practical byzantine fault tolerance blockchain untuk meningkatkan keamanan data. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moch. Ainur Rahman Suryana_H76216060.pdf

Download (3MB)

Abstract

Upaya penyerangan dunia digital (cybercrime) kini semakin canggih dan mematikan, teknik penetrasi, dan SQL Injection merupakan beberapa contoh bentuk penyerangan data pada dunia digital. Untuk mencegah terjadinya hal tersebut perlu memperhatikan aspek fundamental dari keamanan data serta keandalan dalam penyimpanan sebuah data. Blockchain merupakan teknologi modern dengan menerapkan integritas data serta dalam pengamanan sebuah data. Penelitian ini mengembangkan sebuah aplikasi berbasis android yang menggunakan 4 node practical byzantine fault tolerance (PBFT) blockchain sebagai database untuk pengamanan data dengan memanfaatkan nilai geospatial retrieval pada hotel syari’ah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengujian test case scenario pada sistem operasi android 7, 8 dan 9 berjalan sesuai dengan test case yang diberikan, pengujian konsensus PBFT sesuai dengan skenario yang telah dibuat. Pengujian network latency menujukkan jaringan 4G memiliki 107% lebih cepat pada jaringan 3G pada saat melakukan enkripsi dan 32.9% lebih cepat saat melakukan dekripsi pada blockchain. Pengujian integrasi dilakukan tanpa PBFT menghasilkan 50% kesuksesan dan 50% kegagalan setelah menggunakan PBFT blockchain presentase kesuksesan meningkat 50% menjadi 100%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Suryana, Moch. Ainur Rahmanh76216060@uinsby.ac.idH76216060
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWibowo, Achmad Teguhatw@uinsby.ac.id2026108801
Thesis advisorIzuddin, Muhammad Andikandik@uinsby.ac.id2007038402
Subjects: Teknologi
Teknologi > Teknologi Informasi
Keywords: Cybercrime; Geospatial Retrieval; Practical Byzantine Fault Tolerance; Blockchain.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi
Depositing User: Moch Ainur Rahman Suryana
Date Deposited: 17 Jan 2021 10:53
Last Modified: 17 Jan 2021 10:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/45684

Actions (login required)

View Item View Item