Pengaruh pembelajaran Fikih melalui Schoology terhadap peningkatan motivasi belajar siswa Kelas XII MA Al Asyhar Sungonlegowo Bungah Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syarif, Muhammad Nawa (2021) Pengaruh pembelajaran Fikih melalui Schoology terhadap peningkatan motivasi belajar siswa Kelas XII MA Al Asyhar Sungonlegowo Bungah Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Nawa Syarif_D91217117.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang besar di dunia Pendidikan sehingga kegiatan pembelajaran dilakukan secara daring. Sehingga guru harus mempunyai inovasi dalam penggunaan media dalam jaringan yang bisa meningkatkan motivasi belajar siswa saat belajar daring.
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui penerapan pembelajaran fiqih menggunakan Schoology, (2) untuk mengetahui besarnya tingkat motivasi belajar siswa, (3) untuk mengetahui apakah penerapan pembelajaran fiqih dengan menggunakan Schoology dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan model penelitian korelasional. Karena dalam penelitian ini tujuannya adalah untuk menguji keterkaitan atau korelalsi anatara variable satu dengan variable yang lain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan schoology dalam pembelajaran fiqih masuk dalam tingkatan sedang, (2) tingkat motivasi belajar siswa masuk dalam tingkatan sedang, (3) pengaruh penerapan pembelajaran fiqih dengan schoology (X) terhadap motivasi belajar (Y) adalah berpengaruh positif dan signifikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syarif, Muhammad Nawaaarnawa78@gmail.comD91217117
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNawawi, Muhammadabuasimazz@yahoo.com2015045701
Thesis advisorAssegaf, Abdurrahmanprofassegaf@gmail.com2012036402
Subjects: Agama
Fikih
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Schoology; Pembelajaran Fiqih; Motivasi Belajar.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Nawa Syarif
Date Deposited: 18 Jan 2021 09:31
Last Modified: 18 Jan 2021 09:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/45701

Actions (login required)

View Item View Item