النسوية عند قاسم أمين في رواية "ونسيت أني امرأة" لإحسان عبد القدوس (دراسة نقدية روائية)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Chamidah, Richayatul (2021) النسوية عند قاسم أمين في رواية "ونسيت أني امرأة" لإحسان عبد القدوس (دراسة نقدية روائية). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Richayatul Chamidah_A91217132.pdf

Download (2MB)

Abstract

Feminisme merupakan refleksi dari pengalaman suram kaum perempuan di masa lampau. Seiring berkembangnya zaman, feminis ini juga bergerak dalam bidang sastra. Misalnya pada novel yang ditulis sastrawan Mesir yakni Ihsan Abdul Quddus. Berjudul Wanasiitu Annii Imra’ah, ini merupakan salah satu novel yang beraliran feminis. Terlihat bahwasanya ihsan menggambarkan sosok perempuannya dengan kebebasan yang diinginkan oleh kaum perempuan. Dari sinilah penulis tertarik untuk mengambil judul feminis dengan objek berupa novel karya Ihsan Abdul Quddus. Sajian rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu, bagaimana potret perempuan, bentuk penindasan dan pembebasan dalam novel Wanasitu Anni Imra’ah karya Ihsan Abdul Quddus. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data penelitian ini merupakan data deskriptif dari novel Wanasitu Anni Imra’ah, yang berupa kata, kalimat atau frasa ataupun kalimat, dalam bentuk pikiran, ungkapan ataupun dialog antar tokoh. Dalam menganalisa data, peneliti menggunakan teori Qasim Amin. Teori Amin merupakan salah satu teori feminis yang menggunakan landasan agama Islam. Hasil penelitian yang disajikan oleh peneliti yakni: 1) menggambarkan tiga potret perempuan yakni dalam segi keluarga, sosial dan pendidikan. 2) menggambarkan bentuk-bentuk penindasan dan pembebasan perempuan. Bentuk penindasan pada perempuan berasal dari pihak laki-laki serta sebagian masyarakat Mesir, dimana berupa penindasan verba atau perilaku yang merujuk pada perampasan hak-hak bebas perempuan. Sedangkan pembebasan yakni berupa gerakan dari tokoh perempuan, dimana ia meyakini bahwa tiada perbedaan antara kaum laki-laki dan kaum perempuan serta ia mampu melakukan apa yang dilakukan oleh kaum laki-laki.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Chamidah, Richayatulruchayatulchamidah@gmail.comA91217132
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyaikhu, Ahmadsyaikhu@uinsby.ac.id2008066801
Subjects: Emansipasi wanita
Sastra
Keywords: Feminisme; Novel Wanasiitu Anni Imra’ah; Ihsan Abdul Quddus; Qasim Amin.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Richayatul Chamidah -
Date Deposited: 19 Jan 2021 02:20
Last Modified: 09 Feb 2021 04:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/45706

Actions (login required)

View Item View Item