Problematika penanaman nilai-nilai pendidikan karakter pada peserta didik dalam pembelajaran Jarak Jauh: studi Kasus Di Mtsn 1 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kurniawati, Ananda (2021) Problematika penanaman nilai-nilai pendidikan karakter pada peserta didik dalam pembelajaran Jarak Jauh: studi Kasus Di Mtsn 1 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ananda Kurniawati_D91217041.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada kebijakan pemerintah tentang pembelajaran jarak jauh di masa pandemi covid-19 ini. kebijakan tersebut menuntut para pendidik untuk menyesuaikan perkembangan teknologi, terutama dalam hal penanaman nilai-nilai pendidikan karakter pada peserta didik. Rumusan masalah yang diambil dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana problematika penanaman nilai nilai pendidikan karakter pada peserta didik dalam pembelajaran jarak jauh di MTsN 1 Sidoarjo. 2) Bagaimana solusi terhadap problematika terkait penanaman nilai-nilai pendidikan karakter pada peserta didik dalam pembelajaran jarak jauh di MTsN 1 Sidoarjo. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui dan Memahami tentang problematika penanaman nilai nilai pendidikan karakter pada peserta didik dalam pembelajaran jarak jauh di MTsN 1 Sidoarjo 2) Mengetahui dan memahami tentang solusi dari problematika terkait penanaman nilai-nilai pendidikan karakter pada peserta didik dalam pembelajaran jarak jauh di MTsN 1 Sidoarjo. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) problematika penanaman nilai-nilai pendidikan karakter pada peserta didik di MTsN 1 Sidoarjo adalah keterlambatan peserta didik, peserta didik bermain game / chattingan,, tidak bisa memantau peserta didik secara langsung, peserta didik melakukan kecurangan saat mengerjakan tugas, dan peserta didik tidak berupaya untuk mengetahui materi lebih dalam. 2) Solusi untuk mengatasi problematika terkait penanaman nilai-nilai pendidikan karakter di MTsN 1 Sidoarjo adalah jurnal harian, penggunaan internet dan video, pemberian fasilitas bertanya diluar jam pelajaran, memberikan variasi soal yang berbeda, dan melakukan home visit.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kurniawati, AnandaKurniawatiananda17@gmail.comD91217041
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorThobroni, Ahmad Yusamayusamth71@gmail.com2022077101
Thesis advisorSyamsudin, Syamsudinsyamsudinuinsby@gmail.com2012096702
Subjects: Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Keywords: Problematika; Penanaman; Nilai-nilai Pendidikan Karakter; Pembelajaran Jarak Jauh.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ananda Kurniawati
Date Deposited: 19 Jan 2021 03:58
Last Modified: 19 Jan 2021 03:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/45724

Actions (login required)

View Item View Item