Analisis implementasi pengupahan tenaga kerja home industry perspektif ekonomi Islam: studi kasus di Home Industry Kerang Desa Banjar Kemuning Sedati Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muthoharo, Umrotin (2020) Analisis implementasi pengupahan tenaga kerja home industry perspektif ekonomi Islam: studi kasus di Home Industry Kerang Desa Banjar Kemuning Sedati Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Umrotin Muthoharo_G04215037.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif, pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap para responden dan informan yang relevan dengan fenomena penelitian ini. Data yang telah dikumpulkan, selanjutnya diuji keabsahannya menggunakan teknik triangulasi dan perpanjangan waktu keikutsertaan peneliti di lapangan. Setelah data diuji keabsahannya kemudian dianalisis secara sistematis, dengan cara membandingkan antara temuan teori dengan penemuan yang ada di lapangan penulis akan menguji kesesuaian temuan teori prinsip ekonomi Islam dengan penerapan pengupahan tenaga kerja home industry kerang Desa Banjar Kemuning. Setelah dilakukan analisis, selanjutnya ditarik kesimplan dan memberikan saran-saran terhadap objek penelitian.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa, pengupahan tenaga kerja yang ada di home industry kerang di Desa Banjar Kemuning belum seluruhnya sesuai dengan prinsip-prinsip ekonomi Islam. Karena pada saat melakukan kesepakatan kerja pemilik usaha tidak menyebutkan jumlah upah yang akan diterima pekerja sebelum pekerjaan dimulai, juga dalam pembayaran upah masih terjadi keterlambatan atau tidak tepat waktu. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka diharapkan agar setiap pemilik usaha sebelum mempekerjakan seseorang haruslah memberitahu jumlah upah yang akan diterima pekerja terlebih dahulu sebelum memulai pekerjaan. Supaya nantinya tidak terjadi masalah-masalah yang tidak diinginkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muthoharo, Umrotinumrotinmuthoharo15@gmail.comG04215037
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLilik, RahmawatiLilik_Elrahma@yahoo.com198106062009012008
Subjects: Tenaga Kerja
Upah Minimum
Keywords: Pengupahan; Tenaga Kerja; Home Industry Kerang.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Umrotin Muthoharo
Date Deposited: 25 Jan 2021 05:50
Last Modified: 25 Jan 2021 05:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/45738

Actions (login required)

View Item View Item