Penerapan strategi ekspositori dalam pembinaan membaca al-Qur’an Siswa Tunagrahita: studi kasus di SLB Muhammadiyah Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Faizah, Alfiana (2021) Penerapan strategi ekspositori dalam pembinaan membaca al-Qur’an Siswa Tunagrahita: studi kasus di SLB Muhammadiyah Jombang. Undergraduate thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.

[img] Text
Alfiana Faizah_D91217080.pdf

Download (1MB)

Abstract

Setiap individu berhak untuk memperoleh pendidikan, tidak terkecuali anak tunagrahita. Tunagrahita merupakan kelainan kerena penyimpangan inteletktual, yang menyebabkan hambatan dalam perkembangan kecerdasan. Salah satu materi yang diajarkan pada anak tunagrahita adalah pendidikan agama. Tujuannya untuk membimbing anak dalam kegiatan ibadah, seperti membaca al-Qur’an. SLB Muhammadiyah Jombang adalah lembaga sekolah luar biasa yang mengadakan program untuk pengajaran al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan dalam rumusan masalah yaitu: (1) Bagaimana penerapan strategi ekpositori dalam pembinaan membaca al-Qur’an siswa tunagrahita di SLB Muhammadiyah Jombang. (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat penerapan strategi ekpositori dalam pembinaan membaca al-Qur’an siswa tunagrahita di SLB Muhammadiyah Jombang. (3) Apa saja manfaat penerapan strategi ekpositori dalam pembinaan membaca al-Qur’an bagi siswa tunagrahita. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, data yang diperoleh berasal dari hasil wawancara, observasi lapangan, serta dokumen. Teknik pengambilan data menggunakan teknik purposive sampling. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penerapan staretgi ekspositori dalam pembinaan membaca al-Qur’an siswa tungrahita di SLB Muhammadiyah Jombang dilakukan menggunakan metode demonstrasi dan tutor sebaya dengan juz amma sebagai media pembelajaran. Faktor pendukungnya adalah kemampuan guru, kerja sama dengan orang tua, serta lingkunga sekolah. Sedangkan faktor penghambatnya adalah psikologis peserta didik. Manfaat penerapan strategi ekspositori guru dapat langsung mengamati kondisi siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Faizah, Alfianaalfianafaizah@gmail.comD91217080
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyamsudin, Syamsudinsyamsudinuinsby@gmail.com2012096702
Thesis advisorThobroni, Ahmad Yusamayusamth71@gmail.com2022077101
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Anak > Anak Penyandang Cacat
Keywords: Membaca al-Qur’an; Strategi ekspositori; Tunagrahita.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Alfiana Faizah
Date Deposited: 21 Jan 2021 06:43
Last Modified: 21 Jan 2021 06:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/45759

Actions (login required)

View Item View Item