Analisis maslahah mursalah terhadap pelaksanaan program pusaka sakinah di KUA Sawahan, KUA Semampir dan KUA Kenjeran

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmah, Sarah Anita (2021) Analisis maslahah mursalah terhadap pelaksanaan program pusaka sakinah di KUA Sawahan, KUA Semampir dan KUA Kenjeran. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sarah Anita Rahmah_C01216043.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana pelaksanaan program pusaka sakinah di KUA Sawahan, KUA Semampir dan KUA Kenjeran dan bagaimana analisis mas}lah}ah mursalah terhadap pelaksanaan program pusaka sakinah di KUA Sawahan, KUA Semampir dan KUA Kenjeran. Jenis penelitian ini adalah penelitian empiris atau lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan tujuan menjawab pertanyaan tersebut. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah interview (wawancara), dan dokumentasi. Data yang diperoleh akan dikumpulkan dan diteliti kembali yang selanjutnya akan di susun di analisis dengan menggunakan metode deskriptif analisis dengan pola pikir deduktif. Hasil data dari penelitian ini diketahui bahwa Program pusaka sakinah merupakan program dari Kementerian Agama yang dilaksanakan oleh 3 KUA yang ada di Surabaya, akan tetapi yang sudah melaksanakan hanya 2 KUA, yaitu KUA Sawahan dan KUA Semampir. di dalamnya terdapat 3 program, yaitu BERKAH, KOMPAK dan LESTARI. pelaksanaan di KUA Sawahan dan KUA Semampir yaitu sudah cukup bagus meskipun kurang maksimal dikarenakan situasi dan kondisinya belum memungkinkan. Meskipun di KUA Kenjeran belum melaksanakan program ini, namun konsep yang dibuat KUA Kenjeran sudah sangat bagus sesuai dengan prosedur pelaksanaan yang dibuat oleh Kementerian Agama. Oleh sebab itu, disarankan bagi kepala KUA untuk lebih mensosialisasikan program pusaka sakinah kepada pengantin tentang penting dan wajibnya bimbingan perkawinan dan juga disarankan kepada pengantin agar lebih disiplin dalam mengikuti serta menghadiri bimbingan keluarga sakinah juga pelaksanaannya sesuai yang diharapkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmah, Sarah Anitasarahanitarahmah.sar@gmail.comC01216043
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKhazin, A. Muftiamuftikhazinfaza@gmail.com2013037301
Subjects: Bimbingan Penyuluhan
Keywords: Maslahah Mursalah; Program Pusaka Sakinah di KUA .
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: sarah anita rahmah
Date Deposited: 21 Jan 2021 10:04
Last Modified: 21 Jan 2021 10:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/45766

Actions (login required)

View Item View Item