Identifikasi Amblypygi di gua kawasan Karst Malang Selatan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

'Aini, Hayyin Nurul (2021) Identifikasi Amblypygi di gua kawasan Karst Malang Selatan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hayyin Nurul 'Aini_H01217008.pdf

Download (4MB)

Abstract

Bentang karst di Indonesia sangatlah luas, kawasan karst yang telah mengalami proses pelarutan sehingga menunjukkan relief dan pola pengaliran yang khas dan salah satu bentuk morfologinya adalah gua. Amblypygi merupakan salah satu fauna yang terdapat di dalam gua. Identifikasi amblypygi di kawasan karst Malang Selatan belum banyak diteliti. Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi amblypygi, serta mengetahui morfometri morfologi jenis amblypygi di karst Malang Selatan. Pengambilan sampel dilakukan pada tanggal 6 – 9 September 2020. Lokasi pengambilan sampel ditentukan menggunakan teknik purposive sampling sehingga didapatkan empat lokasi gua yaitu Gua Krompyang, Gua Harta, Gua Prapatan JLS, dan Gua Lowo Srigonco. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Data yang di dapat diidentifikasi dan hasil morfometri pengukuran empat karakter morfologi dianalisis dengan metode PCA (Principal Component Analysis). Hasil identifikasi penelitian terdapat dua spesies amblypygi yaitu Charon grayi dan Stygophrynus dammermani. Hasil uji PCA menunjukkan bahwa ukuran morfologi tubuh tidak jauh berbeda yang dapat dilihat hasilnya pada scatter plot PCA.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
'Aini, Hayyin Nurulhayyin.aiini@gmail.comH01217008
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFirdhausi, Nirmala Fitrianirmala_firdhausi@yahoo.com2025068501
Thesis advisorBahri, Saifulsaiful200488@gmail.com2020048801
Subjects: Biologi
Ekologi
Keywords: Gua; Amblypygi; PCA.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Hayyin Nurul 'Aini
Date Deposited: 22 Jan 2021 02:54
Last Modified: 22 Jan 2021 02:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/45786

Actions (login required)

View Item View Item