Problematika pendidikan karakter pada mata pelajaran PAI dalam pembelajaran Daring di MTs Negeri Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Saputra, Harun Ma'arif Teguh (2021) Problematika pendidikan karakter pada mata pelajaran PAI dalam pembelajaran Daring di MTs Negeri Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Harun Ma'arif Teguh Saputra_D91217096.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini diawali dengan adanya pandemi Covid-19 yang membawa pengaruh besar bagi kehidupan manusia terutama dalam bidang pendidikan yakni pada pendidikan karakter. Sehingga pembelajaran dilakukan dengan sistem daring. Tiap inovasi tentu tidak selalu berjalan dengan baik selalu ada hambatan maupun tantangan yang terjadi sehingga menjadi suatu problematika tersendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pentingnya pendidikan karakter pada mata pelajaran PAI di MTs Negeri Gresik. (2) problematika pendidikan karakter pada mata pelajaran PAI dalam pembelajaran daring di MTs Negeri Gresik. (3)solusi mengatasi problematika pendidikan karakter pada mata pelajaran PAI dalam pembelajaran daring di MTs Negeri Gresik. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Pendekatan kualitatif ini berdasarkan tujuan penelitian yang ingin mendapatkan solusi dari problematika pendidikan karakter pada mata pelajaran PAI dalam pembelajaran daring di MTs Negeri Gresik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Pendidikan karakter pada mata pelajaran PAI dalam pembelajaran daring di MTS Negeri Gresik sangatlah penting untuk ditanamkan dan dikembangkan dalam setiap mata pelajaran PAI, karena karakter yang dimiliki peserta didik sangatlah penting untuk diterapkan dalam kehidupan dalam masyarakat. (2) problematika pendidikan karakater pada mata pelajaran PAI dalam pembelajaran daring di MTs Negeri Gresik adalah berupa tingkat kesadaran, kurangnya dukungan dari kedua orang tua, kedisplinan yang menurun, kejujuran yang minim, tidak bisa memantau secara langsung, kemajuan teknologi, kuota internet, alat komunikasi yang kurang memadai, dan lingkungan. (3) solusi dalam mengatasi problematika pendidikan karakater pada mata pelajaran PAI dalam pembelajaran daring di MTs Negeri Gresik yaitu memberikan perhatian lebih kepada peserta didik, mengajak orang tua untuk ikut serta dalam mendidik karakter dan aktif dalam aktivitas peserta didik sehari-hari, memberikan pemahaman lebih mendalam mengenai dampak positif dan negatif pada teknologi yang semakin maju, memberikan kefokusan waktu belajar peserta didik dirumah, memberikan motivasi dan dukungan kepada peserta didik, dan memfasilitasi peserta didik dalam segi finansial.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Saputra, Harun Ma'arif Teguh--D91217096
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFahmi, Muhammadfahme_yes@yahoo.com2106087701
Thesis advisorFaizin, muhammadfaizin-ahwan@yahoo.com2015087202
Subjects: Motivasi Belajar
Dirasah Islamiyah
Pendidikan > Pendidikan Anak
Keywords: Problematika; Pendidikan Karakter; Pembelajaran Daring.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Teguh Siti
Date Deposited: 25 Jan 2021 05:06
Last Modified: 25 Jan 2021 05:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/45799

Actions (login required)

View Item View Item