Efektivitas Penyaluran Pembiayaan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Syariah Pada Perumahan Bersubsidi Dengan Akad Murabahah Di BRI Syariah Kantor Cabang Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Setyawan, Deddy (2021) Efektivitas Penyaluran Pembiayaan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Syariah Pada Perumahan Bersubsidi Dengan Akad Murabahah Di BRI Syariah Kantor Cabang Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
DEDDY SETYAWAN_G94216096).pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur dan mekanisme penyaluran pembiayaan KPR Syariah bersubsidi, serta mengetahui efektivititas penyaluran pembiayaan KPR Syariah bersubsidi pada BRI Syariah dalam menyediakan rumah yang layak bagi masyarakat berpenghasilan rendah. Pada penelitian ini penulis memilih objek penelitian di BRI Syariah Kantor Cabang Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan data yang didapatkan melalui wawancara dan observasi langsung kepada pihak-pihak yang terlibat dalam pembiayaan KPR Syariah bersubsidi di BRI Syariah Kantor Cabang Sidoarjo. Untuk mendapatkan efektivitas penyaluran, maka penulis menggunakan teori efektivitas melalui ketepatan sasaran program, besarnya penyaluran pembiayaan yang terealisasi, dan mekanisme yang digunakan BRI Syariah Kantor Cabang Sidoarjo. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa prosedur dan mekanisme penyaluran pembiayaan KPR subsidi di BRI Syariah Kantor Cabang Sidoarjo memiliki 10 Tahapan dan menggunakan Akad Murbahah yang sesuai syariah. Namun, seharusnya tahapan KPR Syariah Bersubsidi bisa lebih disederhanakan untuk memudahkan nasabah. Berdasarkan hasil temuan lapangan bahwa presentase efektivitas KPR Sejahtera Tapak iB atau FLPP di BRI Syriah Kantor Cabang Sidoarjo yaitu 72% yang telah tersalurkan dari rencana penyaluran yang telah dibuat dengan besaran dana Rp. 2.894.845.354 dari kuota sebesar 4-5 Milyar. Penyaluran 18 unit rumah FLPP telah disalurkan kepada nasabah yang melakukan pembiayaan KPR Syariah bersubsidi. Hal ini sudah bisa dikatakan efektif karena hampir mencapai target program yaitu menyalurkan 20 unit rumah subsidi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Setyawan, Deddydeddysetyawan1@gmail.comG94216096
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorChandra Yudha, Ana Toni Robyanatoniroby@gmail.com2024018703
Thesis advisorYazid, Muhammadmuhammadyazid02@gmail.com2017117304
Subjects: Ekonomi
Ekonomi Islam
Hukum Ekonomi
Riba
Keywords: Efektivitas, KPR Syariah Bersubsidi, Akad Murabahah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Deddy Setyawan
Date Deposited: 22 Jan 2021 08:41
Last Modified: 22 Jan 2021 08:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/45811

Actions (login required)

View Item View Item