Pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis Sparkol Vidioscribe terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VIII di Mts Negeri 1 Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Izza, Laili Salsabilatul (2021) Pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis Sparkol Vidioscribe terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VIII di Mts Negeri 1 Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Laili Salsabilatul Izza_D91217105.pdf

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis sparkol vidioscribe terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VIII di MTs Negeri 1 Mojokerto. Permasalahan yang dikaji oleh peneliti: (1) Bagaimana penggunaan media pembelajaran berbasis sparkol vidioscribe pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VIII di MTs Negeri 1 Mojokerto (2) Bagaimana motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VIII di MTs Negeri 1 Mojokerto (3) Adakah pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis sparkol vidioscribe terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VIII di MTs Negeri 1 Mojokerto. Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyak ditemukan kurangnya motivasi belajar siswa pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dalam kehidupan sehari-hari yang dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya adalah media pembelajaran yang digunakan oleh guru. Tidak dipungkiri bahwa media pembelajaran mempengaruhi motivasi belajar siswa, namun masih banyak guru yang belum memanfaatkan berbagai macam media pembelajaran yang menyebabkan siswa merasa jenuh dan bosan dalam belajar. Metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Mojokerto tahun pelajaran 2020/2021. Jumlah populasinya sebesar 286 siswa dengan sempel menggunakan teknik proportional random sampling sebesar 15% yakni 45 siswa atau responden. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket (google formulir). Untuk menganalisis data, peneliti menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Penggunaan media pembelajaran berbasis sparkol vidioscribe mendapat hasil 78.8%, berada pada rentan 75% - 100% yang termasuk dalam kategori sangat baik (2) Motivasi belajar siswa mendapat hasil 73.2%, berada pada rentan 50% - 74% yang termasuk dalam kategori baik (3) Pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis sparkol vidioscribe terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VIII di MTs Negeri 1 Mojokerto dengan menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana didapatkan nilai (R) adalah 0.619 yang berada pada rentang interpretasi koefisien korelasi 0.60 – 0.799, nilai Fhitung = 26.752 dengan tingkat signifikansi sebesar 0.000 < 0.05, nilai thitung sebesar 5.735 > ttabel 2.017, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis sparkol vidioscribe memiliki pengaruh yang kuat terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VIII di MTs Negeri 1 Mojokerto.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Izza, Laili Salsabilatullailisalsabilatulizza@gmail.comD91217105
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNawawi, Muhammadabuasimazz@yahoo.com2015045701
Thesis advisorAssegaf, Abd. Rachmanprofassegaf@gmail.com2012036402
Subjects: Motivasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: LAILI IZZA
Date Deposited: 22 Jan 2021 08:08
Last Modified: 22 Jan 2021 08:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/45812

Actions (login required)

View Item View Item