Dinamika pendidikan agama islam pada masyarakat Suku Kokoda di Kabupaten Sorong

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fadilah, Alifah Nurul (2021) Dinamika pendidikan agama islam pada masyarakat Suku Kokoda di Kabupaten Sorong. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alifah Nurul Fadilah_D91217039.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dibuat berawal dari stigma masyarakat ketika mendengar kata Papua, yang terasosiasikan dalam benak kita adalah kemayoritasan masyarakatnya yang beragama Kristen. Namun hal ini tidak relevan dengan adanya suku-suku di Papua Barat yang beragama muslim seperti Kokoda, Irarutum, Arandai yang merupakan penduduk local dan menganut agama Islam secara turun temurun. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Pendidikan Agama Islam Suku Kokoda di Kampung Warmon? 2) Apa saja Faktor-Faktor yang mempengaruhi Pendidikan Islam Pada Masyarakat Suku Kokoda di Kampung Warmon 3) Bagaimana Dinamika Pendidikan Agama Islam Pada Masyarakat Suku Kokoda di Kampung Warmon? Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui bagaimana sejarah Suku Kokoda di Kampung Warmon 2) Untuk mengetahui bagaimana dinamika pendidikan agama islam pada masyarakat Suku Kokoda di Kampung Warmon 3) Untuk mengetahui factor-faktor yang mempengaruhi pendidikan agama islam pada masyarakat Suku Kokoda di Kampung Warmon. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis metode penelitian lapangan. Metode penelitian kualitatif dianggap sebagai penelitian yang menyajikan data-data berupa deskripsi kata-kata tertulis dari orang-orang yang diamati melalui fakta-fakta yang terjadi dan dilaporkan secara apa adanya sesuai yang terjadi dilapangan. Hasil penelitian ini adalah 1) pendidikan agama islam pada masyarakat suku Kokoda adalah pendidikan non formal berbentuk majelis ta’lim atau biasa disebut pembinaan perempuan Kokoda. 2) factor yang mempengaruhi ada factor pendukung yaitu semangat belajar masyarakat dan factor penghambat yaitu tingkat ekonomi yang rendah. 3) dinamika sejarah pendidikan agama islam pada masyarakat suku Kokoda berawal dari runtuhnya kerajaan tidore dan kristensasi Belanda.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fadilah, Alifah Nurulalifahnurulfadilah@gmail.comD91217039
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAbitolkha, Amir Malikiamir.abitolkha@gmail.com2008117102
Thesis advisorJazil, Saifuljazilubna@gmail.com2012126901
Subjects: Budaya - Agama
Keywords: Dinamika Sejarah; Pendidikan Agama Islam; Suku Kokoda.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Alifah Nurul Fadilah
Date Deposited: 22 Jan 2021 12:16
Last Modified: 22 Jan 2021 12:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/45831

Actions (login required)

View Item View Item