Kompensasi eksternalitas Pt. Charoen Pokphand dalam tinjauan Maslahah Mursalah: studi pada program Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Desa Kanigoro, Kecamatan Krian, Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syahbana, Rizal (2020) Kompensasi eksternalitas Pt. Charoen Pokphand dalam tinjauan Maslahah Mursalah: studi pada program Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Desa Kanigoro, Kecamatan Krian, Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rizal Syahbana_G94216126.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam rangka memberikan kenyamanan bagi masyarakat sekitar yang terkena dampak eksternalitas dari adanya kegiatan operasional PT. Charoen Pokphand Cabang Krian, Masyarakat sekitar Desa Kanigoro mendapatkan kompensasi berupa pemberian limbah tumpi jagung. Masyarakat Desa Kanigoro terutama yang tergabung dalam anggota Karang Taruna (KARTAR) mengelola limbah tumpi jagung yang dapat digunakan untuk pakan ternak ayam dan bebek. Pada penelitian Skripsi yang berjudul “Kompensasi Eksternalitas PT. Charoen Pokphand Dalam Tinjauan Maslahah Mursalah (Studi pada Program Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat.” ini, penulis mengaitkan nilai maslahah mursalah pada kegiatan operasional PT. Charoen Pokphand yang memberikan kompensasi eksternalitas berupa limbah tumpi jagung dalam upaya meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Kanigoro. Penelitian yang dilakukan pada PT. Charoen Pokphand ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Adapun pada penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan (field research) dan berdasarkan data primer maupun data sekunder. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Rumusan masalah yang terdapat pada penelitian ini yaitu bagaimana pengelolaan eksternalitas PT. Charoen Pokphand mampu memberdayakan ekonomi masyarakat Desa Kanigoro, serta Bagaimana kompensasi eksternalitas PT. Charoen Pokphand dalam tinjauan maslahah mursalah. Hasil penelitian yang didapatkan pada penelitian ini yaitu, terdapat penerapan nilai maslahah mursalah pada pengelolaan kompensasi limbah tumpi jagung di Desa Kanigoro yang dikelola oleh masyarakat Desa Kanigoro sebagai upaya meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Kanigoro dan didukung dengan adanya usaha baru yang didirikan oleh Masyarakat Desa Kanigoro seperti usaha Cuci Sepeda Motor dan Service Sepeda Motor.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syahbana, Rizalrizalsyahbana48@gmail.comG94216126
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMustofa, Mustofamustofatok@gmail.com2030107702
Subjects: Ekonomi Islam
Kompensasi
Keywords: Eksternalitas; Pemberdayaan Masyarakat; dan Maslahah Mursalah.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: RIZAL SYAHBANA Syahbana
Date Deposited: 23 Jan 2021 07:52
Last Modified: 23 Jan 2021 07:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/45840

Actions (login required)

View Item View Item