Penerapan sustainable tourism development dan pariwisata halal di Destinasi Wisata Bangsring Underwater, Kecamatan Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ihsan, Rafiqi (2020) Penerapan sustainable tourism development dan pariwisata halal di Destinasi Wisata Bangsring Underwater, Kecamatan Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rafiqi Ihsan_G94216123.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Data yang dikumpulkan berupa data primer dan data sekunder yang dilakukan dengan metode wawancara, observasi non partisipatif, dan dokumentasi kepada para informan untuk mengetahui lebih dalam mengenai Penerapan Sustainable Tourism Development dan Pariwisata Halal di Bangsring Underwater. Dalam menganalisis data, peneliti melakukan reduksi data terlebih dahulu kemudian disajikan dalam bentuk naratif dan di akhiri dengan penarikan kesimpulan. Peneliti menggunakan teknik triangulasi guna menyesuaikan hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi sehingga data yang diperoleh lebih akurat. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa destinasi wisata Bangsring Underwater menerapkan konsep Sustainable Tourism Development dan Pawisata Halal sejak awal pembagunan pariwisata telah dikelola dengan baik. Penerapan ke dua konsep wisata tersebut saling menguatkan (mutually reinforcing) dan saling menyeimbangkan antara satu aspek dengan aspek yang lain hal ini sesuai dengan konsep Islam yaitu konsep Efisiensi (keseimbangan), kehati-hatian (ramah lingkungan, menghormati alam, tanggungjawab, solidaritas, dan kasih sayang terhadap generasi yang akan datang. Dalam aspek ekonomi, Bangsring Underwater mampu menyediakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar, dan menyediakan wadah untuk membuka usaha yang sesuai dengan syariat Islam. Dalam aspek sosial, Bangsring Underwater mampu mengurangi angka pengangguran, merubah pola pikir dan perilaku masyarakat menjadi lebih baik. Dalam aspek lingkungan, Bangsring Underwater mampu memulihkan kondisi laut Bangsring menjadi baik, bersih, dan indah. Berdasarkan hasil penelitian, pengelola destinasi wisata Bangsring Underwater diharapkan tetap memperhatikan konsistensi keberanjutan destinasi wisata melalui penerapan konsep wisata halal, mengingat bahwa implementasi kaidah Islam yang menyingkirkan hal membahayakan bagi manusia dan lingkungan dalam produk maupun jasa wisata yang diberikan. Selain itu, peneliti berharap karya ini dapat menjadi bahan kajian untuk menentukan formula pengembangan pariwisata berkelanjutan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ihsan, Rafiqizoomfiqirafiqi@gmail.comG94216123
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFitrianto, Ahmad Roomar.fitrianto@uinsby.ac.id2027067701
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: Sustainable Tourism Development; Pariwisata Halal; Bangsring Underwater.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Rafiqi Ihsan
Date Deposited: 24 Jan 2021 09:10
Last Modified: 24 Jan 2021 09:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/45862

Actions (login required)

View Item View Item