Pelaksanaan program Infaq dalam mengembangkan karakter peduli social di kelompok A RA Muslimat NU 10 Banin-Banat Manyar Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Novita, Trias Latifah (2021) Pelaksanaan program Infaq dalam mengembangkan karakter peduli social di kelompok A RA Muslimat NU 10 Banin-Banat Manyar Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Trias Latifah Novita_D98216057.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya program infaq berupa infaq harian dan infaq tahunan yang ditetapkan di RA Muslimat NU 10 Banin-Banat Manyar Gresik di mana tidak banyak sekolah sederajat yang menerapkan program infaq dalam pembelajarannya secara langsung. Program infaq ini menjadi program rutin di RA Muslimat NU 10 Banin-Banat Manyar untuk mengembangkan kepedulian anak didiknya. Oleh karena itu, peneliti merasa tertarik untuk mengkaji lebih dalam mengenai program infaq tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan program infaq di kelompok A RA Muslimat NU 10 Banin-Banat Manyar serta untuk mengetahui bagaimana perkembangan karakter peduli sosial di kelompok A RA Muslimat NU 10 Banin-Banat Manyar setelah penerapan program infaq. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dan dalam teknik pengambilan datanya peneliti menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data, penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan adanya program infaq yang diterapkan di sekolah, kepedulian anak sudah mulai berkembang. Hal ini berdasarkan hasil yang ditemukan yaitu anak mulai mau berbagi makanan ataupun mainan kepada teman dan juga saudara. Anak-anak juga mampu menjawab mengenai infaq yang mereka lakukan. Selain itu, kepedulian anak juga mulai berkembang dengan timbulnya rasa keingin tahuan anak mengenai orang lain yang kondisi sosialnya lemah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Novita, Trias Latifahtriaslatifah982@gmail.comD98216057
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusthofa, M. Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Thesis advisorAziz, Yahyayahya_aziz15@gmail.com2029087203
Subjects: Anak
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Pendidikan > Metode
Keywords: Pelaksanaan Program Infaq; Karakter; Peduli Sosial.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Trias Latifah Novita
Date Deposited: 24 Jan 2021 10:21
Last Modified: 24 Jan 2021 10:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/45867

Actions (login required)

View Item View Item