Efektivitas zat pengatur tumbuh alami ekstrak bonggol pisang kepok (Musa paradisiaca L.) sebagai pemacu pertumbuhan tanaman cabai rawit (Capsicum frutescens L.)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zahroh, Fatimatuz (2020) Efektivitas zat pengatur tumbuh alami ekstrak bonggol pisang kepok (Musa paradisiaca L.) sebagai pemacu pertumbuhan tanaman cabai rawit (Capsicum frutescens L.). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fatimatuz Zahroh_H71216028.pdf

Download (3MB)

Abstract

Cabai rawit (Capsicum frutescens L.) merupakan tanaman holtikultura jenis sayuran yang mempunyai berbagai manfaat dalam kehidupan. Tidak hanya dijadikan sebagai bahan makanan tetapi juga dapat dimanfaatkan sebagai tanaman hias dan juga obat. Besarnya kebutuhan cabai rawit bagi masyarakat menjadikan petani Indonesia memproduksi lebih besar lagi untuk dijual. Namun, permasalahan yang sering terjadi dalam budidaya cabai rawit adalah para petani mengalami gagal panen cabai rawit. Salah satu upaya untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan cabai rawit dengan menggunakan zat pengatur tumbuh alami yaitu dari ekstrak bonggol pisang kepok (Musa paradisiaca L.). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dan konsentrasi ekstrak bonggol pisang kepok (Musa paradisiaca L.) yang paling efektif untuk pertumbuhan tanaman cabai rawit (Capsicum frutescens L.). Penelitian ini berjenis kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen rancangan acak lengkap (RAL) dengan beberapa konsentrasi yaitu 0%, 25%, 50%, 75% dan 100% dan menggunakan 25 tanaman. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa ada pengaruh nyata pada parameter jumlah bunga, buah dan akar karena p-value < (0,005). Sedangkan pada parameter tinggi tanaman, jumlah daun dan panjang akar tidak berpengaruh nyata karena p-value > (0,005) dan konsentrasi yang terbaik ekstrak bonggol pisang terhadap pertumbuhan cabai rawit yaitu pada perlakuan A4 yaitu konsentrasi 75%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zahroh, Fatimatuzafifatim25@gmail.comH71216028
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAgustina, Evaeva_agustina@uinsby.ac.id2030088901
Thesis advisorHidayati, Irulirulhidayati.alfatawi@gmail.com198102282014032001
Subjects: Biologi
Keywords: Bonggol pisang; sitokinin; cabai rawit.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Fatimatuz Zahroh
Date Deposited: 25 Jan 2021 10:50
Last Modified: 25 Jan 2021 10:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/45884

Actions (login required)

View Item View Item