Representasi moralitas Islam dalam komik Al Fatih 1453 (menggunakan analisis semiotika Charles Sanders Peirce)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fauziyah, Nila Alfa (2021) Representasi moralitas Islam dalam komik Al Fatih 1453 (menggunakan analisis semiotika Charles Sanders Peirce). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nila Alfa Fauziyah_B75217130.pdf

Download (2MB)

Abstract

Perosalan yang hendak di kaji dalam penelitian skripsi ini, yaitu: rumusan masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penyampaian makna tanda, objek, dan interpretant dalam komik Al Fatih 1453? (2) Moralitas islam apa saja yang terdapat dalam komik Al Fatih 1453? Untuk mendeskripsikan kedua persoalan itu, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian Analisis Teks Media dengan model analisis semiotik Charles Sanders Peirce. Hasil penelitian ini mrenunjukkan bahwa (1) Penyampaian tanda (representamen), objek, dan penafsiran makna (interpretant) yang terdapat dalam komik Al Fatih 1453 dapat dilihat melalui ilustrasi visual (gambar) dan teks (tulisan) yang akan dijadikan sebagai data penelitian. Kemudian akan diuraikan menggunakan model analisis semiotika Charles Sanders Peirce. (2) Moralitas islam yang terdapat dalam komik Al Fatih 1453 ialah akhlak mahmudah yaitu akhlak yang terpuji. Akhlak mahmudah merupakan akhlak yang mencerminkan ajaran Rasulullah SAW, berupa sikap zuhud, ikhtiar, silaturrahim, syukur, dan do’a.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fauziyah, Nila Alfanilaalfa16@gmail.comB75217130
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMaksum, Imam--2020067303
Subjects: Akhlak > Akhlak Mulia
Dakwah > Dakwah - Media
Perilaku
Keywords: Representasi Komik; Moralitas Islam; Semiotika Charles Sanders Peirce.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Nila Alfa Fauziyah
Date Deposited: 25 Jan 2021 13:23
Last Modified: 25 Jan 2021 13:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/45899

Actions (login required)

View Item View Item