Analisis hukum islam terhadap kebijakan kantor Kementerian Agama Wilayah Jawa Timur tentang tes Narkoba bagi calon Pengantin: perjanjian Kerjasama Antara BNN dan KEMENAG No: PKS-33/KA/HK.02/VI/2019/BNNP-JATIM dan No: 2278/KW13.1.3/5/2019

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Basith, Abdul (2020) Analisis hukum islam terhadap kebijakan kantor Kementerian Agama Wilayah Jawa Timur tentang tes Narkoba bagi calon Pengantin: perjanjian Kerjasama Antara BNN dan KEMENAG No: PKS-33/KA/HK.02/VI/2019/BNNP-JATIM dan No: 2278/KW13.1.3/5/2019. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Abdul Basith_C01215001.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan (field research) dengan judul “Analisis Hukum Islam Terhadap Kebijakan Kantor Kementerian Agama Wilayah Jawa Timur Tentang Tes Narkoba Bagi Calon Pengantin. (Perjanjian Kerjasama Antara BNN Dan KEMENAG No: Pks-33/Ka/Hk.02/Vi/2019/Bnnp-Jatim Dan No: 2278/Kw13.1.3/5/2019)”. Skripsi ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan yang dituangkan ke dalam dua rumusan masalah, yaitu: Bagaimana kebijakan kantor Kementerian Agama wilayah Jawa Timur tentang tes narkoba bagi calon pengantin dan Bagaimana analisis hukum islam terhadap kebijakan kantor Kementerian Agama wilayah Jawa Timur tentang tes narkoba bagi calon pengantin. Skripsi ini merupakan penelitian kualitatif yang dihimpun dengan menggunakan teknik pengumpulan dokumentasi, observasi, dan interview. Data yang sudah dikumpulkan selanjutnya disusun dan dianalisis menggunakan deskriptif analisis dengan pola pikir deduktif bertujuan menggambarkan dan menjelaskan secara sistematik mengenai program tes narkoba bagi calon pengantin di Jawa Timur kemudian dianalisis dalam perspektif hukum islam. Hasil penelitian mengenai program tes narkoba bagi calon pengantin di Jawa Timur dapat disimpulkan: Pertama, Tes narkoba bagi calon pengantin dilakukan sebelum melaksakan perkawinan sebagai salah satu persyaratan yang diwajibkan oleh Kementerian Agama (KEMENAG) Wilayah Jawa Timur. Dalam hal ini Kementerian Agama (KEMENAG) Wilayah Jawa Timur memutuskan untuk menyelenggarakan tes narkoba mulai tahun 2020 dan sudah disosialisasikan kepada seluruh Kantor Urusan Agama (KUA) di Jawa Timur dan sudah mendapat dukungan dari Kantor Urusan Agama (KUA) seluruh Jawa Timur dan masyarakat dengan beberapa saran agar pelaksanaan tes narkoba tidak memperumit dan memberatkan bagi calon pengantin. Kedua, Tes narkoba bagi calon pengantin merupakan salah satu bentuk usaha untuk memudahkan dalam menjaga keturunan dan menjaga akal. Selain itu, tes narkoba bagi calon pengantin tidak bertentangan dengan hukum yang ditetapkan nash dan ijma’ sehingga dapat memenuhi kriteria al-mas}lah}ah al-mursalah oleh karena itu dapat disimpulkan tes narkoba bagi calon pengantin hukumnya diperbolehkan. Sejalan dengan hasil penelitian tersebut maka disarankan: Pertama, Melihat dari banyaknya manfaat tes narkoba bagi calon pengantin hendaknya dilaksanakan sebaik mungkin dengan kerjasama dan sinergisitas dari pihak yang berwenang mulai dari KUA setempat, Kanwil KEMENAG Jatim, BNN Jatim, Puskesmas/Rumah Sakit setempat, hingga seluruh lapisan masyarakat. Kedua, Memperjelas skema tes narkoba bagi calon pengantin dan mensosialisasikan informasi selengkap-lengkapnya dengan metode sosialisasi dan penyebaran informasi yang efektif. Ketiga, Penelitian ini dapat dikembangkan dan dijadikan acuan untuk penelitian selanjutnya yang membahas tentang kebijakan mengenai tes narkoba bagi calon pengantin hingga dampak yang ditimbulkan dari diberlakukannya tes narkoba.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Basith, Abdulabdulbasith040597@gmail.comC01215001
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRohman, Holilurelrahman10@gmail.com2002108702
Subjects: Hukum Islam
Keywords: Narkoba; tes narkoba bagi calon pengantin.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Abdul Basith
Date Deposited: 27 Jan 2021 06:50
Last Modified: 27 Jan 2021 06:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/45911

Actions (login required)

View Item View Item