Strategi menjaga eksistensi pasar tradisional berbasis syariah dalam Prespektif Maqasid Al-Shari’ah: studi kasus pada Pasar Tradisional Syariah az-Zaitun I Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maula, Atika (2020) Strategi menjaga eksistensi pasar tradisional berbasis syariah dalam Prespektif Maqasid Al-Shari’ah: studi kasus pada Pasar Tradisional Syariah az-Zaitun I Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Atika Maula_G94216092.pdf

Download (2MB)

Abstract

Jenis dan pendekatan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (filed reaserch) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, dokumentasi dan wawancara bersama pemrakarsa Pasar Tradisional Syariah az-Zaitun I Surabaya, pengelola pasar, pedagang, dan pengunjung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis menggunakan porter’s diamond model. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa eksistensi Pasar Tradisonal Syariah Az-Zaitun I Surabaya. eksistensinya belum dirasakan adanya nilai tambah berupa manfaat bagi para pelaku Pasar di dalamnya. Keberadaannya belum menjadi daya tarik bagi pengunjung dan juga belum memperkuat rasa kepercayaan pedagang terhadap Pasar yang mereka tempati. Untuk itu dalam upaya menjaga eksistensinya berdasarkan prespektif maqa>s}id al-shari>’ah diharapkan agar pengelola pasar dapat menyediakan kegiatan peningkatana kompetensi bagi pedagang berupa pembinaan berkelanjutan dan program pendampingan, menyediakan sarana pendukung untuk menunjukkan karakteristik Pasar berbasis syariah seperti disediakan sarana untuk beribadah dan menciptakan lingkungan pasar yang kondusif yang berkaitan dengan keamanan, ketentraman dan kenyamanan bagi seluruh pelaku pasar. Diharapkan pula adanya Dewan Pengawas Pasar Syariah guna mengawasi jalannya aktivitas di Pasar berbasis syariah. Serta dibutuhkan Partisipasi masyarakat sekitar Kutisari untuk ikut meramaikan Pasar dengan berbelanja di Pasar Tradisional Syariah az-Zaitun I Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maula, Atikaatikamaula27@gmail.comG94216092
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSamsuri, Andrianiandriani@uinsby.ac.id2002087603
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: Eksistensi; Pasar Berbasis Syariah; Maqasid al-Shari’ah; Pasar Tradisional Syariah Az-Zaitun I Surabaya.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Atika Maula
Date Deposited: 26 Jan 2021 20:54
Last Modified: 26 Jan 2021 20:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/45923

Actions (login required)

View Item View Item