Analisis hukum islam terhadap penafsiran hakim Pengadilan Agama Bojonegoro terhadap kata urusan rumah tangga (pasal 34 ayat 2 undang-undang no. 1 tahun 1974 tentang perkawinan dan pasal 80 ayat 1 KHI)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurhayati, Laily (2020) Analisis hukum islam terhadap penafsiran hakim Pengadilan Agama Bojonegoro terhadap kata urusan rumah tangga (pasal 34 ayat 2 undang-undang no. 1 tahun 1974 tentang perkawinan dan pasal 80 ayat 1 KHI). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Laily Nurhayati_C91216162.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul ‚Analisis Hukum Islam terhadap Penafsiran Hakim Pengadilan Agama Bojonegoro terhadap Kata Urusan Rumah Tangga (Pasal 34 ayat 2 Undang-undang No. 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan dan Pasal 80 ayat 1 KHI)‛, merupakan sebuah penelitian empiris yang akan menjawab pertanyaan dari rumusan masalah. Yaitu tentang bagaimana penafsiran hakim Pengadilan Agama Bojonegoro dalam kata ‚urusan rumah tangga‛ dalam Pasal 34 ayat 2 Undang-undang No. 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan dan Pasal 80 ayat 1 Kompilasi Hukum Islam. Dan tentang bagaimana analisis dari pendapat fuqaha terhadap penafsiran hakim Pengadilan Agama Bojonegoro terhadap kata ‚urusan rumah tangga‛ yang tertera dalam Pasal 34 ayat 2 Undang-undang No. 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan dan Pasal 80 ayat 1 KHI. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (Field Research). Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan pola pikir deduktif untuk menganalisa penafsiran hakim pengadilan agama Bojonegoro terhadap kata urusan rumah tangga dalam Pasal 34 ayat 2 Undang-undang No. 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan dan Pasal 80 ayat 1 KHI dengan pendapat dari para fuqaha. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara dan dokumentasi. Sumber data primer dari penelitian ini adalah hasil wawancara dari para hakim yang bertugas di Pengadilan Agama Bojonegoro tentang penafsiran mereka terhadap kewajiban mengatur urusan rumah tangga yang tertera dalam Pasal 34 ayat 2 Undang-undang No. 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan dan Pasal 80 ayat 1 KHI. Dan sumber data sekundernya meliputi kepustakaan yaitu, buku, kitab, jurnal, dan lain sebagainya yang berkaitan dengan tema dari penelitian ini. Penelitian ini berisi tentang pendapat hakim yang memiliki pengaruh di dunia peradilan dan kompetensinya dalam penegakan hukum sebagai pemberi pelayanan langsung terhadap masyarakat dalam menafsirkan kata urusan rumah tangga yang tertera dalam pasal 34 ayat 2 Undang-undang No. 1 tahun 1974 tentang perkawinan dan pasal 80 ayat 1 KHI, tentang hak dan kewajiban suami isteri yang menjadi suatu adat kebiasaan dikalangan masyarakat terutama Bojonegoro yang kemudian dikomparasikan dengan pendapat ulama dalam menentukan hak dan kewajiban suami isteri tentang mengatur dan mengurus urusan rumah tangga. Dari penelitian ini komparasi antara hakim dan pendapat ulama kemudian dapat menjadi tolak ukur atau kesesuaian antara suami isteri dalam memahami hak dan kewajiban mengatur serta mengurus urusan rumah tangga sesuai dengan kondisi mereka masing-masing namun tetap pada acuan hukum. Sejalan dengan kesimpulan di atas, diharapkan sebagai pemberi pelayanan hukum terhadap masyarakat hakim dapat senantiasa memberi pengertian terhadap masyarakat tentang hukum dan tetap bersumber dalam hukum islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurhayati, Lailylailynurhayati1208@gmail.comC91216162
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSaoki, Saokisauqiamin@gmail.com2004047405
Subjects: Hukum Islam
Keywords: Rumah Tangga; Pasal 34 ayat 2 Undang-undang No. 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan dan Pasal 80 ayat 1 KHI;
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Laily Nurhayati
Date Deposited: 28 Jan 2021 07:47
Last Modified: 28 Jan 2021 07:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/45932

Actions (login required)

View Item View Item