Pengaruh pembelajaran online masa pandemi terhadap minat belajar siswa di PAUD Miftahul Ulum Kesamben Wetan Driyorejo Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lukmana, Siti Nur'aini Wahyu (2021) Pengaruh pembelajaran online masa pandemi terhadap minat belajar siswa di PAUD Miftahul Ulum Kesamben Wetan Driyorejo Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Nur'aini Wahyu Lukmana_D08216020.pdf

Download (2MB)

Abstract

Di masa pandemi sekarang ini, di mana seluruh orang diharuskan menjaga jarak demi terputusnya rantai penyebaran COVID-19 yang menyerang seluruh dunia dan berdampak kepada aspek-aspek kehidupan. Tidak terkecuali pada aspek pendidikan, mulai tingkat dasar hingga perguruan tinggi yang mengubah metode pembelajaran yang semula secara konvensional sekarang menjadi pembelajaran jarak jauh atau online. Karena kondisi yang sangat tidak mendukung pembelajaran tatap muka, pembelajaran online menjadi solusi yang dirasa efektif dan efisien. Belajar dari rumah tanpa pendampingan dari guru secara langsung membutuhkan kerjasama antara guru dan orang tua di rumah dalam menumbuhkan minat belajar anak. Dengan pembelajaran online yang juga dilaksanakan oleh Pendidikan Anak Usia Dini, fokus pada penelitian ini yaitu adakah pengaruh pembelajaran online masa pandemi terhadap minat belajar siswa di PAUD Miftahul Ulum Kesamben Wetan Driyorejo Gresik. Dan bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh pembelajaran online masa pandemi terhadap minat belajar siswa di PAUD Miftahul Ulum Kesamben Wetan Driyorejo Gresik. Metode penelitian yang digunakan ialah metode penelitian kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian populasi karena populasi kurang dari 100. Dan untuk menjawab rumusan masalah yang ada dan menguji hipotesis yang telah diajukan, metode pengambilan data dilakukan dengan menggunakan angket yang diberikan kepada guru kelas kelompok A dan B PAUD Miftahul Ulum Driyorejo Gresik. Dalam teknik analisis data penelitian ini memakai teknik korelasi product moment dan regresi linear sederhana dengan alat bantu SPSS 16 for Windows. Dari hasil perhitungan uji koefisien korelasi product moment sebesar 0,814, dengan taraf signifikansi 5% (0,291) (0,814>0,291) yang menunjukkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan. Dan hasil dari perhitungan uji koefisien determinasi sebesar 66,2% yaitu terdapat pengaruh antara pembelajaran online masa pandemi terhadap minat belajar siswa di PAUD Miftahul Ulum Kesamben Wetan Driyorejo Gresik. Hasil tersebut membuktikan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lukmana, Siti Nur'aini Wahyunsiti0065@gmail.comD08216020
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMasud, Sulthonsulthonmasud@yahoo.com2073091001
Subjects: Metode Pembelajaran
Minat Siswa
Keywords: Pembelajaran online.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Siti Nur'aini Wahyu Lukmana
Date Deposited: 27 Jan 2021 05:01
Last Modified: 27 Jan 2021 05:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/45938

Actions (login required)

View Item View Item