Pengelolaan Wisata Alam Gosari (WAGOS) oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) untuk peningkatan pendapatan desa dalam analisis maslahah mursalah.

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fithriyana, Firda Auliya (2020) Pengelolaan Wisata Alam Gosari (WAGOS) oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) untuk peningkatan pendapatan desa dalam analisis maslahah mursalah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Firda Auliya Fithriyana_G94216165.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan kerangka konsep Community Based Tourism (CBT) atau bisa disebut dengan wisata berbasis masyarakat, yang mengedepankan kepada pemberdayaan masyarakat untuk lebih memahami nilai-nilai aset yang mereka miliki. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan tinjauan literatur, wawancara terstruktur, dan pengamatan parsipatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan aset desa menjadi objek pariwisata dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Peningkatan perekonomian ini terlihat dari penyerapan tenaga kerja dan peningkatan pendapatan masyarakat. Dengan modal gunung kapur yang eksotik, warisan beberapa situs budaya dan banyaknya area pertanian yang asri, melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), Desa Gosari membangun Wisata Alam Gosari (WAGOS) menjadi destinasi wisata yang menawan. Pengeloaan wisata tersebut juga tidak terlepas dari asas-asas ekonomi Islam. Dimana konsep maslahah mursalah dapat menjawab bahwa dengan adanya wisata dapat mempengaruhi Desa Gosari ke arah yang lebih baik dalam berbagai bidang, baik dalam bidang seni, budaya, sosial dan ekonomi. Berdasarkan dari hasil penelitian ini, diharapkan BUMDes Gosari bersama aparat pemerintahan desa dapat meningkatkan dan mengoptimalkan kesadaran masyarakat dalam keikutsertaan membangun dan mengelola WAGOS dengan memberikan sosialisasi pentingnya membangun dan mengelola desa wisata secara bersama-sama. Sehingga manfaat yang diperoleh dari wisata semakin maksimal dan dapat membantu perekonomian masyarakat secara menyeluruh.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fithriyana, Firda Auliyafirdaauliya1998@gmail.comG94216165
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFitrianto, Achmad Roomar.fitrianto@uinsby.ac.id2027067701
Subjects: Ekonomi Islam
Pariwisata
Keywords: BUMDes; maslahah mursalah; WAGOS; Desa Gosari Ujungpangkah; Wisata Alam Gosari.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Firda Auliya Fithriyana
Date Deposited: 26 Jan 2021 21:15
Last Modified: 26 Jan 2021 21:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/45949

Actions (login required)

View Item View Item