Pola komunikasi keluarga korban pemutusan hubungan kerja di masa pandemi Covid-19 di Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lestari, Cindy Dwi (2021) Pola komunikasi keluarga korban pemutusan hubungan kerja di masa pandemi Covid-19 di Surabaya. Undergraduate thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.

[img] Text
Cindy Dwi Lestari_B76216050.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji bagaimana proses komunikasi dan strategi komunikasi keluarga korban pemutusan hubungan kerja di masa pandemi COVID-19 di Tanjungsari Gg. III dan IV Surabaya. Untuk mendapatkan hasil penelitian ini, penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi untuk mengungkap, mempelajari dan memahami bagaimana perubahan pola komunikasi keluarga yang terjadi setelah adanya pemutusan hubungan kerja. Dengan menggunakan teori pertukaraan sosial yang dikembangkan oleh George C. Homans, penelitian ini mendapatkan hasil pola komunikasi yang terjadi pada warga Tanjungsari Gg. III dan IV adalah (1) Proses komunikasi secara sirkular. Dimana berbagai pola terjadi pada keluarga korban PHK, namun komunikasi keluarga berjalan terus yakni adanya umpan balik antara korban PHK dengan anggota keluarganya. Hal tersebut memunculkan beragam proses komunikasi yaitu komunikasi tenang, komunikasi waspada, komunikasi emosi komunikasi erat, komunikasi romantis dan komunikasi pengikut (2) Strategi yang digunakan korban pemutusan hubungan kerja merupakan upaya agar mendapatkan timbal balik yang baik dari tiap anggota keluarga. Dimana Strategi komunikasi keluarga ini merujuk pada komunikasi persuasif, komunikasi kasih sayang dan komunikasi pengertian.
Kata Kunci: Pola Komunikasi, COVID-19, pemutusan hubungan kerja

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lestari, Cindy Dwidwilestaricindy68@gmail.comB76216050
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMoefad, Agoes Moh.am.moefad@gmail.com2025087002/197008252005011004
Subjects: Ilmu Komunikasi
Komunikasi
Tenaga Kerja
Keywords: Pola Komunikasi; COVID-19; pemutusan hubungan kerja.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Cindy Dwi Lestari
Date Deposited: 27 Jan 2021 10:58
Last Modified: 27 Jan 2021 10:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/45959

Actions (login required)

View Item View Item