Pesan Kekerasan dalam Novel Pergi Karya Tere Liye (Analisis Isi Deskriptif)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Insani, Amalia Rahmi (2021) Pesan Kekerasan dalam Novel Pergi Karya Tere Liye (Analisis Isi Deskriptif). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Amalia Rahmi Insani_B05217008.pdf

Download (1MB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini (1) Bagaimana pembagian kekerasan dalam novel Pergi karya Tere Liye, (2) Berapa frekuensi adegan kekerasan yang ditampilkan dalam novel Pergi karya Tere Liye. Untuk meneliti atau mengungkapkan persoalan di atas secara menyeluruh dan mendalam, dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode analisis isi kuantitatif model deskriptif. Model analisis isi deskriptif ini tidak dimaksudkan untuk menguji suatu hipotesis tertentu atau menguji hubungan antar variabel tetapi analisis isi semata untuk mendeskripsikan, menggambarkan aspek-aspek dan karakteristik dari suatu pesan. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa (1) Pembagian kekerasan pada 32 bab Novel Pergi Karya Tere Liye terbagi menjadi dua kategori, yaitu kekerasan fisik dan kekerasan psikis/verbal, (2) Frekuensi tampilan adegan kekerasan pada 25 bab novel Pergi karya Tere Liye sebanyak 228 adegan kekerasan. Terbagi menjadi 2 kategori yakni adegan kekerasan fisik sebanyak 200 kali dan adegan kekerasan psikis/verbal sebanyak 28 kali. Dapat disimpulkan bahwa dalam novel Pergi Karya Tere Liye terdapat kekerasan dalam kategori kekerasan fisik dan kekerasan psikis/verbal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Insani, Amalia Rahmiamaliahanny05@gmail.comB05217008
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSattar, Abdullah--2017126501
Subjects: Kekerasan
Keywords: Frekuensi kekerasan; novel pergi; pembagian kekerasan.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Amalia Rahmi Insani
Date Deposited: 27 Jan 2021 00:05
Last Modified: 27 Jan 2021 00:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/45960

Actions (login required)

View Item View Item