Proses layanan bimbingan dan konseling Islam untuk mengatasi perasaan stress pada santri akibat isolasi COVID-19 di Pondok Pesantren Qomaruddin Gresik.

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Al Mawaddah, Maziyyatul Wardah (2021) Proses layanan bimbingan dan konseling Islam untuk mengatasi perasaan stress pada santri akibat isolasi COVID-19 di Pondok Pesantren Qomaruddin Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel.

[img] Text
Maziyyatul Wardah Al Mawaddah_B03217025.pdf

Download (1MB)

Abstract

Fokus penelitian kali ini; Bagaimana proses layanan bimbingan dan konseling islam untuk mengatasi perasaan stress pada santri selama masa isolasi COVID-19 di pondok pesantren Qomaruddin Gresik ? dan bagaimana hasil dari proses layanan bimbingan dan konseling islam untuk mengatasi perasaan stress pada santri selama masa isolasi COVID-19 di pondok pesantren Qomaruddin Gresik ?. Metode penelitian bersifat kualitatif, dengan pendekatan deskriptif dan menggunakan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan datanya; observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif, yakni dengan membandingkan proses layanan konseling antara teori dan lapangan. Hasilnya membandingkan perasaan stress santri sebelum dan sesudah menerima layanan di pesantren. Kesimpulannya proses layanan bimbingan dan konseling islam di pondok pesantren Qomaruddin meliputi layanan orientasi yang diberi nama MATSABA (Masa Taaruf Santri Baru), layanan penempatan yang diaplikasikan dengan kegiatan ekstrakulikuler, dan layanan konseling individu. Hasilnya terdapat perubahan pesaan stress pada santri menjadi lebih baik dan terbukti dengan tidak adanya santri yang pulang selama masa isolasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Al Mawaddah, Maziyyatul Wardahmaziyyatulwardah@gmail.comB03217025
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAlbaar, Ragwanragwanalbaar@uinsby.ac.id2003036301
Subjects: Bimbingan Konseling
Layanan
Keywords: Bimbingan Konseling Islam; Stres pada Santri.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Maziyyatul Wardah Al Mawaddah
Date Deposited: 27 Jan 2021 06:16
Last Modified: 27 Jan 2021 06:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/45964

Actions (login required)

View Item View Item